KHAIRUNISA, FADILA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAM KONSEP MATEMATIS DI SMPN 3 STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
4202111003_Cover.pdf
Download (117kB)
4202111003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (357kB)
4202111003_Abstrak.pdf
Download (225kB)
4202111003_Kata_Pengantar.pdf
Download (170kB)
4202111003_Daftar_Isi.pdf
Download (318kB)
4202111003_BAB_I.pdf
Download (537kB)
4202111003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (840kB)
4202111003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (432kB)
4202111003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4202111003_BAB_V.pdf
Download (186kB)
4202111003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (209kB)
4202111003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas (kevalidan, kepraktisan dan keefektifan) hasil pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan Articulate Storyline 3 berbasis android untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII-2 SMPN 3 Stabat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil validasi media pembelajaran interaktif berbantuan Articulate Storyline 3 berbasis android untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis yang telah dikembangkan oleh ahli media dan ahli materi diperoleh rata-rata presentase sebesar 93% dan 96,3% yang dikategorikan “sangat valid” atau layak digunakan. Rata-rata presentasi kepraktisan dari respon guru matematika sebesar 94,5% dikategorikan “sangat praktis”. Dan memperoleh rata-rata presentase keefektifan dari respon peserta didik sebesar 94,75% yang dikategorikan “sangat efektif”. Media pembelajaran dikatakan efektif dilihat dari ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal mencapai 90%. Presentase Peningkatan proses jawaban peserta didik dilihat dari peningkatan tes kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan uji nilai N-Gain sebesar 0,77% yang dikategorikan tinggi. Dengan demikian berdasarkan dari hasil validasi ahli media, ahli materi, guru matematika SMP dan respon peserta didik bahwa media pembelajaran interaktif berbantuan Articulate Storyline 3 berbasis android untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis telah dikembangkan layak dan teruji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran, Articulate Storyline 3, Android, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 31 Jan 2025 04:30 |
| Last Modified: | 09 Jul 2025 03:16 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59332 |
