PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAM KONSEP MATEMATIS DI SMPN 3 STABAT

KHAIRUNISA, FADILA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAM KONSEP MATEMATIS DI SMPN 3 STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202111003_Cover.pdf] Text
4202111003_Cover.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 4202111003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202111003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of 4202111003_Abstrak.pdf] Text
4202111003_Abstrak.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 4202111003_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202111003_Kata_Pengantar.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 4202111003_Daftar_Isi.pdf] Text
4202111003_Daftar_Isi.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 4202111003_BAB_I.pdf] Text
4202111003_BAB_I.pdf

Download (537kB)
[thumbnail of 4202111003_BAB_V.pdf] Text
4202111003_BAB_V.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 4202111003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202111003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (209kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas (kevalidan, kepraktisan dan keefektifan) hasil pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan Articulate Storyline 3 berbasis android untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII-2 SMPN 3 Stabat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil validasi media pembelajaran interaktif berbantuan Articulate Storyline 3 berbasis android untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis yang telah dikembangkan oleh ahli media dan ahli materi diperoleh rata-rata presentase sebesar 93% dan 96,3% yang dikategorikan “sangat valid” atau layak digunakan. Rata-rata presentasi kepraktisan dari respon guru matematika sebesar 94,5% dikategorikan “sangat praktis”. Dan memperoleh rata-rata presentase keefektifan dari respon peserta didik sebesar 94,75% yang dikategorikan “sangat efektif”. Media pembelajaran dikatakan efektif dilihat dari ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal mencapai 90%. Presentase Peningkatan proses jawaban peserta didik dilihat dari peningkatan tes kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan uji nilai N-Gain sebesar 0,77% yang dikategorikan tinggi. Dengan demikian berdasarkan dari hasil validasi ahli media, ahli materi, guru matematika SMP dan respon peserta didik bahwa media pembelajaran interaktif berbantuan Articulate Storyline 3 berbasis android untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis telah dikembangkan layak dan teruji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Articulate Storyline 3, Android, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 04:30
Last Modified: 31 Jan 2025 04:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59332

Actions (login required)

View Item
View Item