PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS ETNOMATEMATIKA BERBANTUAN CLASSPOINT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII

Tobing, Eviyanti Lumban (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS ETNOMATEMATIKA BERBANTUAN CLASSPOINT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111129_Cover.pdf] Text
4203111129_Cover.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 4203111129_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111129_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of 4203111129_Abstrak.pdf] Text
4203111129_Abstrak.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 4203111129_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111129_Kata_Pengantar.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 4203111129_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111129_Daftar_Isi.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of 4203111129_BAB_I.pdf] Text
4203111129_BAB_I.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of 4203111129_BAB_V.pdf] Text
4203111129_BAB_V.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of 4203111129_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111129_Daftar_Pustaka.pdf

Download (267kB)

Abstract

Pengembangan LKPD ini diperlukan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis etnomatematika berbantuan ClassPoint untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Metode yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang meliputi tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Penelitian ini melibatkan 30 peserta didik kelas VII-1 di SMP Negeri 17 Medan sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan mencakup angket validasi oleh ahli materi, validasi oleh ahli media, angket kepraktisan dari guru, angket kepraktisan dari peserta didik, serta angket minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid, dengan rata-rata validasi dari ahli materi sebesar 81,35% dan dari ahli media sebesar 76,06%. (2) LKPD yang dikembangkan dinyatakan praktis, dengan skor respon dari guru sebesar 86,66% dan dari peserta didik sebesar 78,83%. (3) LKPD ini efektif dalam meningkatkan minat belajar, dengan peningkatan dari 71,16% menjadi 82,88%. (4) Peningkatan minat belajar sebelum dan sesudah penggunaan LKPD, yang dihitung menggunakan rumus N-gain, menunjukkan peningkatan sebesar 0,40 yang termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penelitian dan Pengembangan, LKPD, Minat Belajar, Etnomatematika, ClassPoint.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 04:27
Last Modified: 31 Jan 2025 04:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59331

Actions (login required)

View Item
View Item