PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Siahaan, Esterina Elisabet (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111017_Cover.pdf] Text
4203111017_Cover.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 4203111017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 4203111017_Abstrak.pdf] Text
4203111017_Abstrak.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of 4203111017_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111017_Kata_Pengantar.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 4203111017_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111017_Daftar_Isi.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of 4203111017_BAB_I.pdf] Text
4203111017_BAB_I.pdf

Download (459kB)
[thumbnail of 4203111017_BAB_V.pdf] Text
4203111017_BAB_V.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 4203111017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (165kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two dengan yang menerapkan model pembelajaran konvensional, dan untuk mengetahui apakah terdapat atau tidak terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe the power of two terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP PRAYATNA MEDAN T.A 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas IX-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two memperoleh nilai N-Gain 0,7146 yang termasuk dalam kategori tinggi dan pada kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional memperoleh nilai N-Gain dengan persentase 0,5619 yang termasuk dalam kategori sedang. Uji hipotesis memperoleh nilai �ℎ�����≥������ (2,924≥1,690) yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe the power of two terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX SMP PRAYATNA MEDAN.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: The Power Of Two, Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Konvensional, Kemampuan Komunikasi Matematis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 04:19
Last Modified: 31 Jan 2025 04:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59328

Actions (login required)

View Item
View Item