Panjaitan, Engly Shintya (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID DI SMP NEGERI 1 AIR PUTIH. Undergraduate thesis, UNIMED.
4173311036_Cover.pdf
Download (159kB)
4173311036_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (235kB)
4173311036_Abstrak.pdf
Download (152kB)
4173311036_Kata_Pengantar.pdf
Download (240kB)
4173311036_Daftar_Isi.pdf
Download (355kB)
4173311036_BAB_I.pdf
Download (283kB)
4173311036_BAB_V.pdf
Download (269kB)
4173311036_Daftar_Pustaka.pdf
Download (401kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan dari suatu produk berupa media pembelajaran matematika berbasis android yang dikembangkan dengan menggunakan bantuan software iSpring suite dan Microsoft powerpoint pada materi bangun ruang untuk peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Air Putih. Penlitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Air Putih yang berlokasi di Dusun I Desa Sipare-pare, Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara. Subjek dari penelitian ini adalah 23 orang siswa kelas VII-5.Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen studi lapangan berupa observasi dan wawancara, instrumen validasi berupa lembar validasi, serta instrumen kepraktisan berupa lembar angket respon peserta didik dan guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data instumen studi lapangan berupa hasil wawancara, analisis data validasi media pembelajaran dan analisis data kepraktisan media pembelajaran.Berdasarkan dari hasil penilaian oleh para ahli materi dan ahli media diperoleh hasil bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidan yang sangat baik. Tahap validasi di peroleh dari 4 orang validator materi dan 4 orang validator media mendapat kriteria sangat valid untuk validasi materi dengan presentase sebesar 95,3% dan termasuk kriteria sangat valid untuk validasi media dengan presentase sebesar 95,6% dan termasuk kedalam kriteria sangat valid sehingga dapat dikatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan. Pada tahap kepraktisan yang dilakukan oleh peserta didik dan guru diperoleh tingkat kepraktisan yang sangat baik dengan presentase dari peserta didik sebesar 92% dan presentase dari guru sebesar 100% sehingga dapat dikatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan masuk kedalam kriteria sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis android pada materi bangun ruang yang telah dihasilkan teruji sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pengembangan ADDIE, Media Pembelajaran, android, Bangun ruang |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 04:14 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59327 |