Patricia, Dwi (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203111052_Cover.pdf
Download (39kB)
4203111052_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (162kB)
4203111052_Abstrak.pdf
Download (62kB)
4203111052_Kata_Pengantar.pdf
Download (127kB)
4203111052_Daftar_Isi.pdf
Download (79kB)
4203111052_BAB_I.pdf
Download (324kB)
4203111052_BAB_V.pdf
Download (127kB)
4203111052_Daftar_Pustaka.pdf
Download (159kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan reliabilitas instrumen tes HOTS (Higher Order Thinking Skills) untuk mengetahui dan mengukur kemampuan berrpikir kritis siswa pada materi segitiga dan segiempat jajargenjang. Sample dalam penelitian ini adalah satu kelas yang terdiri dari 30 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah lembar instrumen tes yang terintegrasi soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) berbentuk uraian sebanyak 5 butir, lembar validasi ahli, dan lembar angket respon. Desain penelitian menggunakan model Borg dan Gall dengan melalui 8 tahapan. Hasil penelitian memperoleh instrumen tes memiliki kevalidan sangat tinggi dengan validitas isi 91% dan validitas ke lima butir tes menunjukkan thitung > ttabel dengan kriteria sangat tinggi. Hasil uji reliabilitas instrumen tes menggunakan Alpa-Cronbach sebesar 0,93 dengan kriteria korelasi sangat tinggi. Hasil kevalidan dan reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen tes valid dan mampu mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan indikator Facione menunjukkan terdapat 1 peserta didik (3%) memiliki kemampuan berpikir kritis sangat tinggi, 5 peserta didik (17%) memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, dan 6 peserta didik (20%) memiliki kemampuan berpikir kritis sedang, 9 peserta didik (30%) memiliki kemampuan berpikir kritis rendah dan 9 peserta didik (30%) memiliki kemampuan berpikir kritis sangat rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa instrumen tes HOTS (Higher Order Thinking Skills) yang dikembangkan mampu mengukur kemampuan berpikir kritis siswa Sekolah Menengah Pertama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, Instrumen HOTS, Berpikir Kritis, Indikator Facione |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 04:03 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59324 |