PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LAPS-HEURISTIK BERBANTUAN EDUTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA SMP

Faddila, Dwi Naila (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LAPS-HEURISTIK BERBANTUAN EDUTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111125_Cover.pdf] Text
4203111125_Cover.pdf

Download (18kB)
[thumbnail of 4203111125_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111125_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 4203111125_Abstrak.pdf] Text
4203111125_Abstrak.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of 4203111125_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111125_Kata_Pengantar.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 4203111125_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111125_Daftar_Isi.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of 4203111125_BAB_I.pdf] Text
4203111125_BAB_I.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of 4203111125_BAB_V.pdf] Text
4203111125_BAB_V.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 4203111125_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111125_Daftar_Pustaka.pdf

Download (249kB)

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran LAPS-Heuristik berbantuan edutainment lebih baik daripada siswa yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Imelda Medan T.A 2023/2024. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan VII-D sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika pada kelas eksperimen menunjukkan perubahan yang signifikan dengan nilai rata-rata pretest di 39,60 dan posttest 81,97. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika pada kelas kontrol menunjukkan perubahan yang signifikan dengan nilai rata-rata pretest di 39,37 dan posttest 71,37. Analisis data menggunakan uji t menunjukkan bahwa siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran LAPS-Heuristik berbantuan edutainment lebih baik daripada siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi artimatika sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran, LAPS-Heuristik, Edutainment, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 03:56
Last Modified: 31 Jan 2025 03:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59323

Actions (login required)

View Item
View Item