PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

Siregar, Dinda Ayu Afrilyani (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4171111015_Cover.pdf] Text
4171111015_Cover.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 4171111015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4171111015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (749kB)
[thumbnail of 4171111015_Abstrak.pdf] Text
4171111015_Abstrak.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 4171111015_Kata_Pengantar.pdf] Text
4171111015_Kata_Pengantar.pdf

Download (650kB)
[thumbnail of 4171111015_Daftar_Isi.pdf] Text
4171111015_Daftar_Isi.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of 4171111015_BAB_I.pdf] Text
4171111015_BAB_I.pdf

Download (574kB)
[thumbnail of 4171111015_BAB_V.pdf] Text
4171111015_BAB_V.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 4171111015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4171111015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (185kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran
kooperati tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan
kemampuan komunikasi matematis siswa MTs Kesuma LKMD Namorambe.
Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A MTs Kesuma LKMD dengan jumlah
siswa 36 orang yang terdiri dari 20 orang laki-laki dan 16 orang perempuan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen penelitian
yang digunkan adalah Lembar Observasi, Tes, dan Dokumentasi. Berdasarkan
hasil penelitian, penerapan model pembelajaran kooperati tipe Numbered Heads
Together (NHT) dengan materi Sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV)
dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan
peningkatan presentase ketuntasan belajar mencapai 80%. Presentase ketuntasan
kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum dilakukan tindakan mencapai
13,89% dengan rata-rata 46,53. Setelah dilakukan tindakan siklus I menunjukkan
adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yaitu 63,89%
dengan rata-rata kemampuan siswa 63,97. Hasil tersebut belum mencapai
indikator keberhasilan yaitu 80% siswa memperoleh nilai ≥ 70. Sehingga
penelitian dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II kemampuan komunikasi
matematis siswa meningkat dengan presentase ketuntasan mencapai 86,11%
dengan rata-rata 80,02. Hasil tersebut sudah memenuhi indikator keberhasilan
yang ditetapkan yaitu 80% siswa telah mendapat nilai minimal 70.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Numbered Heads Together (NHT), Kemampuan komunikasi matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 03:49
Last Modified: 31 Jan 2025 03:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59321

Actions (login required)

View Item
View Item