PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Sihombing, Destini Yosyamanda (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111050_Cover.pdf] Text
4193111050_Cover.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 4193111050_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111050_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (920kB)
[thumbnail of 4193111050_Abstrak.pdf] Text
4193111050_Abstrak.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 4193111050_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111050_Kata_Pengantar.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 4193111050_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111050_Daftar_Isi.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 4193111050_BAB_I.pdf] Text
4193111050_BAB_I.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of 4193111050_BAB_V.pdf] Text
4193111050_BAB_V.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 4193111050_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111050_Daftar_Pustaka.pdf

Download (177kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan peneitian pengembangan untuk mengembangkan bahan ajar
interaktif berbasis Problem Based Learning yang valid, praktis, dan efektif yang
dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Penelitian pengembangan ini dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE,
yang terdiri atas lima tahap, yaitu : Analysis, Design, Development, Implementation,
dan Evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X-2 SMAN 11 Medan
sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bahan Ajar Interaktif
dinyatakan valid dan layak digunakan dengan rata-rata kevalidan 3.58 oleh ahli
media dan 3.66 oleh ahli materi dalam kategori sangat valid, 2) Kepraktisan Bahan
Ajar Interaktif berdasarkan hasil respon guru adalah 92%, dan angket respon siwa
dalam kelompok kecil dan kelompok besar adalah sebesar 93% dan 96% dalam
kategori sangat praktis, 3) Keefektifan Bahan Ajar Interaktif terlihat dari: a)
tercapainya ketuntasan klasikal sebesar 87% siswa tuntas, b) tercapainya masingmasing
indikator, indikator 1 sebesar 97%, indikator 2 sebesar 80%, indikator 3
sebesar 77%, dan indikator 4 sebesar 90%, c) respon positif siswa terhadap Bahan
Ajar sebesar 96% dalam keberlangsungan pembelajaran, 4) Peningkatan kemampuan
pemecahan masalah siswa dilihat dari rata-rata nilai N-Gain sebesar 0.602 dengan
kategori sedang, (5) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan
pemecahan masalah matematis berkategori baik, hal ini dapat dilihat dari jawaban
siswa yang sudah dapat memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah
matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bahan Ajar Interaktif, Model Problem Based Learning, kemampuan pemecahan masalah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 03:45
Last Modified: 31 Jan 2025 03:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59320

Actions (login required)

View Item
View Item