ANALISIS KESALAHAN SISWA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR PEMECAHAN MASALAH POLYA

Ginting, Deri Yantika Br (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR PEMECAHAN MASALAH POLYA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203311048_Cover.pdf] Text
4203311048_Cover.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 4203311048_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203311048_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of 4203311048_Abstrak.pdf] Text
4203311048_Abstrak.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 4203311048_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203311048_Kata_Pengantar.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of 4203311048_Daftar_Isi.pdf] Text
4203311048_Daftar_Isi.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 4203311048_BAB_I.pdf] Text
4203311048_BAB_I.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 4203311048_BAB_V.pdf] Text
4203311048_BAB_V.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of 4203311048_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203311048_Daftar_Pustaka.pdf

Download (158kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika dengan menerapkan prosedur pemecahan masalah Polya. 2) mendeksripsikan faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan prosedur pemecahan masalah polya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VIII-3 di SMP Swasta Brigjend Katamso Medan yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan keabsahan data dapat disimpulkan bahwa tingkat kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan prosedur pemecahan masalah polya adalah 1) Memahami Masalah sebesar 18,18%, 2) Merencanakan penyelesaian sebesar 28,44%, 3) Menyelesaikan masalah sebesar 25,21%, 4) Memeriksa Kembali 28,15%. Faktor Penyebab siswa melakukan kesalahan disebabkan karena berbagai faktor termasuk fokus atau konsentrasi dalam mengerjakan soal, terburu-buru membaca soal, kepercayaan diri dan motivasi mereka untuk belajar, model pengajaran guru, lingkungan belajar, pengetahuan sebelumnya, waktu yang dihabiskan untuk mengerjakan soal, kemampuan berhitung, dan seringnya mereka berlatih dalam memecahkan masalah termasuk soal cerita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Prosedur Pemecahan Masalah Polya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 03:41
Last Modified: 31 Jan 2025 03:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59319

Actions (login required)

View Item
View Item