Ginting, Deri Yantika Br (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR PEMECAHAN MASALAH POLYA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203311048_Cover.pdf
Download (50kB)
4203311048_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (289kB)
4203311048_Abstrak.pdf
Download (141kB)
4203311048_Kata_Pengantar.pdf
Download (415kB)
4203311048_Daftar_Isi.pdf
Download (71kB)
4203311048_BAB_I.pdf
Download (267kB)
4203311048_BAB_V.pdf
Download (10kB)
4203311048_Daftar_Pustaka.pdf
Download (158kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika dengan menerapkan prosedur pemecahan masalah Polya. 2) mendeksripsikan faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan prosedur pemecahan masalah polya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VIII-3 di SMP Swasta Brigjend Katamso Medan yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan keabsahan data dapat disimpulkan bahwa tingkat kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan prosedur pemecahan masalah polya adalah 1) Memahami Masalah sebesar 18,18%, 2) Merencanakan penyelesaian sebesar 28,44%, 3) Menyelesaikan masalah sebesar 25,21%, 4) Memeriksa Kembali 28,15%. Faktor Penyebab siswa melakukan kesalahan disebabkan karena berbagai faktor termasuk fokus atau konsentrasi dalam mengerjakan soal, terburu-buru membaca soal, kepercayaan diri dan motivasi mereka untuk belajar, model pengajaran guru, lingkungan belajar, pengetahuan sebelumnya, waktu yang dihabiskan untuk mengerjakan soal, kemampuan berhitung, dan seringnya mereka berlatih dalam memecahkan masalah termasuk soal cerita.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Prosedur Pemecahan Masalah Polya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 03:41 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59319 |