PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP

Nainggolan, Cindera Indah Afriana (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311058_Cover.pdf] Text
4193311058_Cover.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 4193311058_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311058_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 4193311058_Abstrak.pdf] Text
4193311058_Abstrak.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 4193311058_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311058_Kata_Pengantar.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 4193311058_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311058_Daftar_Isi.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 4193311058_BAB_I.pdf] Text
4193311058_BAB_I.pdf

Download (442kB)
[thumbnail of 4193311058_BAB_V.pdf] Text
4193311058_BAB_V.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 4193311058_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311058_Daftar_Pustaka.pdf

Download (275kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis
siswa melalui penerapan model pembelajaran kontekstual berbantuan Geogebra.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah
siswa Kelas VIII-3 SMP Negeri 27 Medan yang berjumlah 30 orang. Subjek
penelitian ini adalah keterampilan berpikir kritis menggunakan model pembelajaran
contextual teaching and learning dengan berbantuan Geogebra untuk sistem
persamaan linear dua variabel. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan pada setiap
akhir siklus diberikan tes kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil analisis data
setelah melakukan tindakan pada Siklus I dengan pemberian tes berpikir kritis
matematis, diketahui bahwa 11 dari 30 siswa (36,67%) telah mencapai target
keberhasilan yaitu minimal 85% siswa memperoleh nilai. (≥75). Setelah dilakukan
tindakan pada Siklus II melalui tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa
diperoleh 27 dari 30 siswa (90%) telah memenuhi sasaran keberhasilan minimal
85% siswa mencapai nilai (≥75). Peningkatan juga ditunjukkan dengan rata-rata
nilai siswa sebesar 42,40/42,71 dengan kategori sangat rendah, meningkat menjadi
66,18 dengan kategori sedang pada siklus I dan meningkat menjadi 83,96 dengan
kategori sangat tinggi pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran contextual teaching and
learning berbantuan Geogebra dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis
matematis siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 27 Medan. Berdasarkan hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran contextual teaching and
learning berbantuan geogebra dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis
matematis siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 27 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran CTL, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Geogebra
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 03:13
Last Modified: 31 Jan 2025 03:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59316

Actions (login required)

View Item
View Item