PENGARUH CASE BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP ISLAM TERPADU DARUL FIKRI TANJUNGBALAI

Syamsinah, Chairi (2024) PENGARUH CASE BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP ISLAM TERPADU DARUL FIKRI TANJUNGBALAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202111001_Cover.pdf] Text
4202111001_Cover.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 4202111001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202111001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of 4202111001_Abstrak.pdf] Text
4202111001_Abstrak.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of 4202111001_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202111001_Kata_Pengantar.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 4202111001_Daftar_Isi.pdf] Text
4202111001_Daftar_Isi.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 4202111001_BAB_I.pdf] Text
4202111001_BAB_I.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of 4202111001_BAB_V.pdf] Text
4202111001_BAB_V.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 4202111001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202111001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (190kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar melalui pembelajaran Case Based Learning dengan pembelajaran biasa, dan (2) Menjelaskan pengaruh pembelajaran Case Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen (quasy experiment). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Putri (kelas eksperimen) dan VIII Putra (kelas kontrol) SMP Islam Terpadu Darul Fikri Tanjungbalai, dan objek penelitian ini adalah pembelajaran Case Based Learning (CBL) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: (1) Tes postest kelas eksperimen dan kontrol yang diujikan mendapatkan nilai signifikansi 0,000 yang berada dibawah harga �=0,05 dengan kriteria jika ���<�=0,05 , maka �0 ditolak dan �1 diterima, dengan demikian terjadi penolakan terhadap �0 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh pembelajaran CBL terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (2) peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dari rata-rata pretest 31,92 menjadi 78 pada postest, dengan analisis N-Gain menunjukkan peningkatan sebesar 0,6525 dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Case Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 03:09
Last Modified: 31 Jan 2025 03:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59315

Actions (login required)

View Item
View Item