EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS VII DI UPT SMP NEGERI 37 MEDAN

Telaumbanua, Bernice Nathania (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS VII DI UPT SMP NEGERI 37 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111076_Cover.pdf] Text
4203111076_Cover.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of 4203111076_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111076_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 4203111076_Abstrak.pdf] Text
4203111076_Abstrak.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 4203111076_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111076_Kata_Pengantar.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 4203111076_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111076_Daftar_Isi.pdf

Download (607kB)
[thumbnail of 4203111076_BAB_I.pdf] Text
4203111076_BAB_I.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of 4203111076_BAB_V.pdf] Text
4203111076_BAB_V.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 4203111076_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111076_Daftar_Pustaka.pdf

Download (230kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan literasi numerasi siswa di kelas VII UPT SMP Negeri 37 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berorientasi pada desain penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di UPT SMP Negeri 37 Medan T.A 2024/2025. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C dan VII-D di UPT SMP Negeri 37 Medan T.A 2024/2025 yang masing-masing beranggotakan 30 orang siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis dan uji hipotesis dengan Independent Sampel T-Test dan uji N-Gain. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) analisis data dengan Independent Sampel T-Test, nilai �ℎ�����=4,140 dan ������=1,67155 maka �ℎ�����>������=4,140>1,67155 dengan nilai ���<� yaitu 0,000<0,05, sehingga �0 ditolak dan �� diterima, maka terdapat perbedaan kemampuan literasi numerasi siswa antara model pembelajaran Discovery Learning dengan model pembelajaran konvensional; (2) analisis data dengan N-Gain diperoleh rata-rata persentase N-Gain skor pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran Discovery Learning sebesar 61,6% yang berada pada kategori cukup efektif dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional sebesar 12% yang berada pada kategori tidak efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Discovery Learning, Kemampuan Literasi Numerasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 02:54
Last Modified: 31 Jan 2025 02:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59311

Actions (login required)

View Item
View Item