Arestu, Ridho (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI MEKANIK PADA SISWA KELAS X TEKNIK PERMESINAN SMK SWASTA BUDHI DARMA INDRAPURA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113121035 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 5113121035 LEGIMINATION SHEET.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
3. NIM. 5113121035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4. NIM. 5113121035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
5. NIM. 5113121035 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
6. NIM. 5113121035 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 5113121035 LIST OF TEBLE.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 5113121035 LIST OF APPENDDEXES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 5113121035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
13. NIM. 5113121035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
14. NIM. 5113121035 REFRENCES.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Teknologi Mekanik pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Permesinan SMK Swasta Budhi Darma Indrapura melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 39 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan observasi, dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, ditemukan pada siklus I nilai rata-rata pretest siswa 51,41, lalu pada pelaksanaan posttest meningkat menjadi 70,4. Kemudian setelah dilakukan tindakan perbaikan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata posttest siswa, nilai rata-rata posttest meningkat menjadi 83,7. Demikian halnya dengan ketuntasan belajar siswa siklus I sebanyak 21 orang siswa (53,84%) dinyatakan tuntas dan setelah dilakukan tindakan perbaikan siklus II sebanyak 32 orang siswa (82,05%) yang dinyatakan telah tuntas, sedangkan 7 orang siswa (17,95%) belum tuntas. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata 56,41% siswa tergolong cukup aktif, dan setelah dilakukan tindakan perbaikan siklus II diperoleh rata-rata 87,17% siswa tergolong aktif. Dengan demikian dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Teknologi Mekanik pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Permesinan SMK Swasta Budhi Darma Indrapura T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 004 |
Keywords: | Hasil Belajar Teknologi Mekanik; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jun 2016 08:15 |
Last Modified: | 21 Jun 2016 08:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5931 |