PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 MEDAN

Daulay, Auliani (2024) PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201111020_Cover.pdf] Text
4201111020_Cover.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 4201111020_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201111020_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 4201111020_Abstrak.pdf] Text
4201111020_Abstrak.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 4201111020_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201111020_Kata_Pengantar.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 4201111020_Daftar_Isi.pdf] Text
4201111020_Daftar_Isi.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 4201111020_BAB_I.pdf] Text
4201111020_BAB_I.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of 4201111020_BAB_V.pdf] Text
4201111020_BAB_V.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 4201111020_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201111020_Daftar_Pustaka.pdf

Download (176kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling berjumlah 54 sampel (2 kelas). Instrumen pada penelitian ini adalah angket minat belajar yang berjumlah 30 pernyataan dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang berjumlah 7 butir soal. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan persamaan regresi linier sederhana �̂=19,992+0,059�. Hasil dari uji keberartian koefisien regresi diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan yang ditunjukkan dengan �ℎ�����>������ yaitu 5,959 > 1,921 dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf siginifikansi 0,05 yaitu sebesar 0,018 yang berarti 0,018 < 0,05. Dengan kontribusi pengaruh sebesar 10,3% yang berarti bahwa pengaruh minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan sebesar 10,3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.712 Dau p
Keywords: Minat belajar; Pemahaman konsep matematis; Survei
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 02:41
Last Modified: 26 May 2025 03:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59308

Actions (login required)

View Item
View Item