Daulay, Auliani (2024) PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4201111020_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111020_Cover.pdf
Download (50kB)
![[thumbnail of 4201111020_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111020_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (86kB)
![[thumbnail of 4201111020_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111020_Abstrak.pdf
Download (94kB)
![[thumbnail of 4201111020_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111020_Kata_Pengantar.pdf
Download (239kB)
![[thumbnail of 4201111020_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111020_Daftar_Isi.pdf
Download (148kB)
![[thumbnail of 4201111020_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111020_BAB_I.pdf
Download (108kB)
![[thumbnail of 4201111020_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111020_BAB_V.pdf
Download (92kB)
![[thumbnail of 4201111020_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111020_Daftar_Pustaka.pdf
Download (176kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling berjumlah 54 sampel (2 kelas). Instrumen pada penelitian ini adalah angket minat belajar yang berjumlah 30 pernyataan dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang berjumlah 7 butir soal. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan persamaan regresi linier sederhana �̂=19,992+0,059�. Hasil dari uji keberartian koefisien regresi diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan yang ditunjukkan dengan �ℎ�����>������ yaitu 5,959 > 1,921 dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf siginifikansi 0,05 yaitu sebesar 0,018 yang berarti 0,018 < 0,05. Dengan kontribusi pengaruh sebesar 10,3% yang berarti bahwa pengaruh minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan sebesar 10,3%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.712 Dau p |
Keywords: | Minat belajar; Pemahaman konsep matematis; Survei |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 02:41 |
Last Modified: | 26 May 2025 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59308 |