PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MAS AL–USWAH KECAMATAN KUALA KABUPATEN LANGKAT

Ardinsah (2024) PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MAS AL–USWAH KECAMATAN KUALA KABUPATEN LANGKAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4171111010_Cover.pdf] Text
4171111010_Cover.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 4171111010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4171111010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4171111010_Abstrak.pdf] Text
4171111010_Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4171111010_Kata_Pengantar.pdf] Text
4171111010_Kata_Pengantar.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 4171111010_Daftar_Isi.pdf] Text
4171111010_Daftar_Isi.pdf

Download (970kB)
[thumbnail of 4171111010_BAB_I.pdf] Text
4171111010_BAB_I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 4171111010_BAB_V.pdf] Text
4171111010_BAB_V.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 4171111010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4171111010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa, pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa, dan pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika pada siswa Kelas X di MAS Al–Uswah, Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat.
Metode penelitian yang akan dilakukan adalah dengan metode eksperimen. Populasi penelitian meliputi 118 siswa Kelas X di MAS Al–Uswah dengan sampel sebanyak 42 siswa. Metode pengumpulan data melibatkan observasi, kuesioner, dan soal kuis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Persamaan regresi yang diperoleh adalah: ̂ dimana X1 mewakili minat, X2 mewakili motivasi dan Y mewakili hasil belajar matematika. (2) Uji keberartian secara simultan menghasilkan Fhitung(70,8815) > Ftabel (3,2381), memperlihatkan adanya pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap belajar Belajar siswa sebesar 79,871%. (3) Uji keberartian secara parsial menghasilkan thitung (4,4594) > ttabel (2,0227), menyimpulkan bahwa Motivasi Belajar berpengaruh sebesar 33,775% terhadap hasil belajar siswa (4) Setelah melakukan uji keberartian secara parsial menghasilkan thitung (2,9600) > ttabel (2,0227), mengindikasikan bahwa Minat Belajar berpengaruh sebesar 18,338% terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Minat belajar, Motivasi belajar, hasil belajar, Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 02:33
Last Modified: 31 Jan 2025 02:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59306

Actions (login required)

View Item
View Item