Panjaitan, Aprizal (2024) ANALISIS KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SMP SWASTA BAHAL BATU SIBORONG-BORONG. Undergraduate thesis, UNIMED.
4171111009_Cover.pdf
Download (189kB)
4171111009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (838kB)
4171111009_Abstrak.pdf
Download (331kB)
4171111009_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
4171111009_Daftar_Isi.pdf
Download (350kB)
4171111009_BAB_I.pdf
Download (491kB)
4171111009_BAB_V.pdf
Download (227kB)
4171111009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (352kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi siswa VII di SMP Swasta Bahal Batu Siborong-borong ditinjau dari indikator komunikasi matematis setelah diberikan model pembelajaran Problem Based Learning dan mengetahui kesulitan yang dialami siswa VII di SMP Swasta Bahal Batu Siborong-borong dalam menyelesaikan masalah komunikasi matematis setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning ditinjau dari indikator komunikasi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas VII di SMP Swasta Bahal Batu Siborong-borong yang berjumlah 30 orang, kemudian diangkat untuk subjek wawancara berdasarkan tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa yang berbeda (tinggi, sedang, rendah). Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah metode tes meliputi kemampuan komunikasi matematis dan metode wawancara. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII di SMP Swasta Bahal Batu Siborong-borong setelah diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Leaning (PBL) diketahui bahwa 36.67% siswa dengan kategori rendah tidak memenuhi kemampuan komunikasi matematis, 40.00% siswa dengan kategori sedang tidak memenuhi kemampuan komunikasi matematis dan 23.33% siswa dengan kategori tinggi memenuhi kemampuan komunikasi matematis. Setelah dirata-ratakan, indikator kemampuan komunikasi matematis siswa yang paling tinggi persentasenya adalah menyatakan masalah kehidupan sehari-hari ke dalam simbol atau bahasa matematis dan menuliskan informasi dari pernyataan ke dalam bahasa matematika dengan presentase sebesar 66.67%, sedangkan indikator kemampuan komunikasi matematis siswa yang paling rendah adalah menginterpretasikan gambar atau simbol matematis ke dalam model matematika dengan persentase sebesar 46.67%. (2) Kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa kelas VII di SMP Swasta Bahal Batu Siborong-borong dalam kemampuan komunikasi matematis pada siswa berkemampuan komunikasi matematis rendah yaitu mengalami kesulitan fakta, konsep, operasi dan prinsip. Pada siswa berkemampuan komunikasi matematis sedang, siswa mengalami kesulitan fakta dan konsep.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | kemampuan komunikasi matematis, model pembelajaran Problem Based Leaning (pbl) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 02:24 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 02:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59304 |