EFEKTIVITAS VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Johana, Annisa (2023) EFEKTIVITAS VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4173311009_Cover.pdf] Text
4173311009_Cover.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of 4173311009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4173311009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (852kB)
[thumbnail of 4173311009_Abstrak.pdf] Text
4173311009_Abstrak.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of 4173311009_Kata_Pengantar.pdf] Text
4173311009_Kata_Pengantar.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 4173311009_Daftar_Isi.pdf] Text
4173311009_Daftar_Isi.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4173311009_BAB_I.pdf] Text
4173311009_BAB_I.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 4173311009_BAB_V.pdf] Text
4173311009_BAB_V.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 4173311009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4173311009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran berup video animasi berbasis powtoon terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi persamaan kuadrat yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe teams assisted individualization (TAI) di kelas IX MTs Darul Ulum Budi Agung Medan T.A 2022/2023 yang telah dipersiapkan oleh peneliti. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Darul Ulum Budi Agung Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-3 dan kelas IX-4 sebanyak 54 Orang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Data yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk uraian sebanyak 4 soal. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu di uji normalitas tes dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas tes menggunakan uji F. dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa hasil tes KPM kedua sampel berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian peneliti bsa memberikan perlakukan kepada kedua sampel. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang diberi pembelajaran menggunakan video animasi berbasis powtoon adalah 73,00 dengan simpangan baku 7,76 dan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang diberi pembelajaran tanpa video adalah 65,14 dengan simpangan baku 8,14. Untuk uji hipotesis digunakan uji t, dari hasil perhitungan menggunakan bantuan SPSS 22.00 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima maka diperoleh kesimpulan bahwa video animasi berbasis powtoon dengan model TAI terhadap kemampuan pemecahan masalah lebih tinggi dibandingkan siswa dengan model TAI tanpa bantuan video. Hal ini menunjukkan bahwa media yang digunakan mendapatkan respon yang baik dan efektif diberlakukan bagi siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Efektivitas, Video Animasi, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 02:15
Last Modified: 31 Jan 2025 02:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59302

Actions (login required)

View Item
View Item