PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUP) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMA PADA MATERI PELUANG

Manurun, Angelin Yohanna Yan (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUP) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMA PADA MATERI PELUANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111127_Cover.pdf] Text
4203111127_Cover.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 4203111127_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111127_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of 4203111127_Abstrak.pdf] Text
4203111127_Abstrak.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of 4203111127_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111127_Kata_Pengantar.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of 4203111127_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111127_Daftar_Isi.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4203111127_BAB_I.pdf] Text
4203111127_BAB_I.pdf

Download (501kB)
[thumbnail of 4203111127_BAB_V.pdf] Text
4203111127_BAB_V.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of 4203111127_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111127_Daftar_Pustaka.pdf

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai kemampuan siswa dalam memahami konsep
matematika dengan menerapkan model pembelajaran conceptual understanding
procedures dan model pembelajaran konvensional. Selain itu, penelitian ini akan
mengkaji pengaruh model pembelajaran conceptual understanding procedures
terhadap kemampuan peserta didik dalam memahami konsep matematika. Jenis
penelitian yang diaplikasikan adalah quasi eksperiment dengan desain two group
pretest-posttest. Populasi penelitian melibatkan siswa kelas X SMA N 1 Silaen yang
berjumlah 6 kelas. Sampel penelitian diambil dari dua kelas, yaitu kelas X-1 sebagai
kelas eksperimen dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan
adalah tes pemahaman konsep dalam berbentuk uraian sebanyak 4 butir soal yang telah
divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas
eksperimen adalah 27,43, sementara kelas kontrol adalah 27,31. Uji hipotesis
menghasilkan nilai �ℎ����� < ������ yaitu 0,39 < 1,668 dan nilai sig. sebesar 0,969 >
0,05, artinya �0 diterima, menunjukkan kedua kelas memiliki kemampuan awal yang
sama. Setelah penerapan model pembelajaran conceptual understanding procedures,
nilai rata-rata posttest kelas eksperimen meningkat menjadi 76,37, sedangkan kelas
kontrol adalah 69,60. Uji hipotesis menghasilkan nilai �ℎ����� < ������ yaitu 2,344 >
1,668 dan nilai sig. sebesar 0,011 < 0,05. Dengan demikian �1 diterima dan �0 ditolak,
hal ini menunjukkan bahwa rata-rata skor posttest kelas eksperimen lebih baik
daripada rata-rata skor posttest kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran conceptual understanding procedures berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas X SMA
Negeri 1 Silaen pada materi peluang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Conceptual Understanding Procedures (CUPs), Pembelajaran Konvensional, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Jan 2025 09:00
Last Modified: 30 Jan 2025 09:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59299

Actions (login required)

View Item
View Item