Manurun, Angelin Yohanna Yan (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUP) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMA PADA MATERI PELUANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203111127_Cover.pdf
Download (185kB)
4203111127_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (295kB)
4203111127_Abstrak.pdf
Download (304kB)
4203111127_Kata_Pengantar.pdf
Download (298kB)
4203111127_Daftar_Isi.pdf
Download (214kB)
4203111127_BAB_I.pdf
Download (501kB)
4203111127_BAB_V.pdf
Download (303kB)
4203111127_Daftar_Pustaka.pdf
Download (195kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menilai kemampuan siswa dalam memahami konsep
matematika dengan menerapkan model pembelajaran conceptual understanding
procedures dan model pembelajaran konvensional. Selain itu, penelitian ini akan
mengkaji pengaruh model pembelajaran conceptual understanding procedures
terhadap kemampuan peserta didik dalam memahami konsep matematika. Jenis
penelitian yang diaplikasikan adalah quasi eksperiment dengan desain two group
pretest-posttest. Populasi penelitian melibatkan siswa kelas X SMA N 1 Silaen yang
berjumlah 6 kelas. Sampel penelitian diambil dari dua kelas, yaitu kelas X-1 sebagai
kelas eksperimen dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan
adalah tes pemahaman konsep dalam berbentuk uraian sebanyak 4 butir soal yang telah
divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas
eksperimen adalah 27,43, sementara kelas kontrol adalah 27,31. Uji hipotesis
menghasilkan nilai �ℎ����� < ������ yaitu 0,39 < 1,668 dan nilai sig. sebesar 0,969 >
0,05, artinya �0 diterima, menunjukkan kedua kelas memiliki kemampuan awal yang
sama. Setelah penerapan model pembelajaran conceptual understanding procedures,
nilai rata-rata posttest kelas eksperimen meningkat menjadi 76,37, sedangkan kelas
kontrol adalah 69,60. Uji hipotesis menghasilkan nilai �ℎ����� < ������ yaitu 2,344 >
1,668 dan nilai sig. sebesar 0,011 < 0,05. Dengan demikian �1 diterima dan �0 ditolak,
hal ini menunjukkan bahwa rata-rata skor posttest kelas eksperimen lebih baik
daripada rata-rata skor posttest kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran conceptual understanding procedures berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas X SMA
Negeri 1 Silaen pada materi peluang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Conceptual Understanding Procedures (CUPs), Pembelajaran Konvensional, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 09:00 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 09:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59299 |