PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN

Putri, A’liyya (2024) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201111002_Cover.pdf] Text
4201111002_Cover.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of 4201111002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201111002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (637kB)
[thumbnail of 4201111002_Abstrak.pdf] Text
4201111002_Abstrak.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of 4201111002_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201111002_Kata_Pengantar.pdf

Download (749kB)
[thumbnail of 4201111002_Daftar_Isi.pdf] Text
4201111002_Daftar_Isi.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 4201111002_BAB_I.pdf] Text
4201111002_BAB_I.pdf

Download (595kB)
[thumbnail of 4201111002_BAB_V.pdf] Text
4201111002_BAB_V.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of 4201111002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201111002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (460kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pendekatan matematika realistik berbantuan media audio visual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa lebih baik dari pembelajaran biasa. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Kelas VIII-5 selaku kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan pendekatan matematika realistik berbantuan media audio visual, sedangkan kelas VIII-7 adalah kelas kontrol yang diberikan perlakuan menggunakan pembelajaran biasa. Test pretest dan posttest digunakan sebagai instrument dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa adanya pengaruh pendekatan matematika realistik berbantuan media audio visual (kelas eksperimen) lebih baik dari pembelajaran biasa (kelas kontrol) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan setalah menggunakan pendekatan matematika realistik berbantuan media audio visual ketuntasan klasikal siswa lebih besar dari kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana diperoleh bahwa rhitung > rtabel (0,830> 0,361) dengan koefisien determinasi r square = 0,689 yang artinya beperngaruh sebesar 68,9% dan persentase ketuntasan klasikal pada kelas eksperimen sebesar 90%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pendekatan matematika realistik, media audio visual, kemampuan pemecahan masalah matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Jan 2025 08:42
Last Modified: 30 Jan 2025 08:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59296

Actions (login required)

View Item
View Item