Putri, A’liyya (2024) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4201111002_Cover.pdf
Download (284kB)
4201111002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (637kB)
4201111002_Abstrak.pdf
Download (334kB)
4201111002_Kata_Pengantar.pdf
Download (749kB)
4201111002_Daftar_Isi.pdf
Download (234kB)
4201111002_BAB_I.pdf
Download (595kB)
4201111002_BAB_V.pdf
Download (388kB)
4201111002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (460kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pendekatan matematika realistik berbantuan media audio visual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa lebih baik dari pembelajaran biasa. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Kelas VIII-5 selaku kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan pendekatan matematika realistik berbantuan media audio visual, sedangkan kelas VIII-7 adalah kelas kontrol yang diberikan perlakuan menggunakan pembelajaran biasa. Test pretest dan posttest digunakan sebagai instrument dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa adanya pengaruh pendekatan matematika realistik berbantuan media audio visual (kelas eksperimen) lebih baik dari pembelajaran biasa (kelas kontrol) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan setalah menggunakan pendekatan matematika realistik berbantuan media audio visual ketuntasan klasikal siswa lebih besar dari kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana diperoleh bahwa rhitung > rtabel (0,830> 0,361) dengan koefisien determinasi r square = 0,689 yang artinya beperngaruh sebesar 68,9% dan persentase ketuntasan klasikal pada kelas eksperimen sebesar 90%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pendekatan matematika realistik, media audio visual, kemampuan pemecahan masalah matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 08:42 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 08:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59296 |