PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 MEDAN

Simanjuntak, Agnes Yemima (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111046_Cover.pdf] Text
4193111046_Cover.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 4193111046_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111046_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (698kB)
[thumbnail of 4193111046_Abstrak.pdf] Text
4193111046_Abstrak.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 4193111046_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111046_Kata_Pengantar.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 4193111046_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111046_Daftar_Isi.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 4193111046_BAB_I.pdf] Text
4193111046_BAB_I.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 4193111046_BAB_V.pdf] Text
4193111046_BAB_V.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 4193111046_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111046_Daftar_Pustaka.pdf

Download (41kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi pokok bahasan Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 7 Medan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis quasi eksperiment dengan menggunakan dua kelas yang dibedakan menjadi kelas eksperimen serta kelas kontrol dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel pada penelitian ini yakni kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran problem posing) dan kelas VIII-5 sebagai kelas kontrol (menggunakan model pembelajaran konvensional) dan dilaksanakan pada bulan Januari tahun ajaran 2023/2024 di SMP Negeri 7 Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal posttest dalam bentuk uraian. Data hasil tes dianalisis menggunakan uji t-test. Dari hasil analisis diperoleh hasil uji t diperoleh nilai thitung (3,3801) > ttabel (1,99897) maka H0 ditolak dan Ha diterima, dari hasil uji nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima,yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara ratra-rata hasil posttest kelas eksperimen dengan kelas control dengan artian bahwa model pembelajaran problem posing yang digunakan memiliki pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pokok bahasan Pythagoras

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Problem Posing, Pembelajaran Konvensional, Kemampuan Pemecahan Masalah Matemtika, Pythagoras.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Jan 2025 08:25
Last Modified: 30 Jan 2025 08:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59292

Actions (login required)

View Item
View Item