Ramadhan., M. Zulmi (2016) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SWASTA BUDHI DARMA INDRAPURA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5113122032 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
02. NIM. 5113122032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
03. NIM. 5113122032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
04. NIM. 5113122032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
05. NIM. 5113122032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
06. NIM. 5113122032 TABLE.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
07. NIM. 5113122032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
08. NIM. 5113122032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
09. NIM. 5113122032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
13. NIM. 5113122032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
14. NIM. 5113122032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri mata diklat pekerjaan dasar teknik otomotif pada materi alat ukur mekanik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran inkuiri pada materi alat ukur mekanik 2015/2016. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 22 siswa (57,89%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 16 siswa (42,10%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas 72,61 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 57,89%. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar siklus II diperoleh 29 siswa (80,55%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 9 siswa (23,68%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 79,23 dengan tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 80,55. Jika dibandingkan data dari siklus I dan siklus II maka diperoleh nilai dari 22 siswa yang tuntas pada siklus I bertambah sebanyak 7 siswa pada siklus II menjadi 29 siswa, sedangkan siswa yang tidak tuntas dalam belajar berkurang dari 16 siswa yang tidak tuntas pada siklus I menjadi 9 siswa pada siklus II. Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa dan mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa pada materi alat ukur mekanik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 017 |
Keywords: | Hasil Belajar; Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif; Model Pembelajaran Inkuiri. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jun 2016 07:30 |
Last Modified: | 21 Jun 2016 07:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5928 |