Harahap, Suci Mila Dermiati (2024) ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMAN 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4181141008_Cover.pdf
Download (30kB)
4181141008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
4181141008_Abstrak.pdf
Download (15kB)
4181141008_Kata_Pengantar.pdf
Download (555kB)
4181141008_Daftar_Isi.pdf
Download (27kB)
4181141008_BAB_I.pdf
Download (146kB)
4181141008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (273kB)
4181141008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (241kB)
4181141008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (111kB)
4181141008_BAB_V.pdf
Download (8kB)
4181141008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (258kB)
4181141008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar kontribusi indikator berpikir kreatif dan hubungan antara hasil proses belajar dengan hasil berpikir kreatif siswa saat mempelajari materi keanekaragaman hayati dalam pembelajaran biologi kelas X SMAN 10 Medan. Populasi penelitian seluruh siswa SMAN 10 Medan. Sampel penelitian seluruh siswa kelas X MIA 1, kelas X MIA 2 dan X MIA 3 di SMAN 10 Medan. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling. Instrumen penelitian ini berupa tes essai, wawancara, angket, dan observasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan mixed method dan desain penelitian non-eksperimen. Hasil penelitian yang diperoleh terkait deskripsi tes keterampilan berpikir kreatif siswa dan proses belajar siswa kelas X MIA SMAN 10 Medan menunjukkan bahwa kontribusi yang paling berpengaruh terhadap kontribusi indikator berpikir kreatif adalah keluwesan dengan hasil koefisien determinasinya 94,5%. Hubungan antara hasil proses belajar dengan berpikir kreatif yaitu setiap pertambahan nilai proses belajar siswa berpengaruh terhadap berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan proses belajar dengan berpikir kreatif hasilnya memang berkorelasi positif dengan r = 74,5 dan koefisien determinasi 54,2% artinya meskipun memiliki korelasi yang cukup namun proses belajar hanya berkontribusi terhadap berpikir kreatif 54,2%, dengan demikian masih ada 45,8% lagi faktor diluar proses belajar yang memberikan kontribusi terhadap berfikir kreatif. Korelasi komponen proses belajar terhadap berfikir kreatif secara berturut dari yang paling tinggi adalah X2 (r = 0,884), X4 (r = 0,763), X3 (r = 0,765) dan X1 (r = 0,650). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa kontribusi yang paling berpengaruh terhadap kontribusi indikator berpikir kreatif adalah keluwesan dengan hasil koefisien determinasinya 94,5%. Dan hubungan antara hasil proses belajar dengan berpikir kreatif yaitu setiap pertambahan nilai proses belajar siswa berpengaruh terhadap berpikir kreatif kemampuan berpikir kreatif siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | 578.7 Har a |
| Keywords: | Berpikir kreatif; Keanekaraman hayati; Hasil belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 30 Jan 2025 04:29 |
| Last Modified: | 15 Jul 2025 08:03 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59265 |
