ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMAN 10 MEDAN

Harahap, Suci Mila Dermiati (2024) ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMAN 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4181141008_Cover.pdf] Text
4181141008_Cover.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of 4181141008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4181141008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4181141008_Abstrak.pdf] Text
4181141008_Abstrak.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of 4181141008_Kata_Pengantar.pdf] Text
4181141008_Kata_Pengantar.pdf

Download (555kB)
[thumbnail of 4181141008_Daftar_Isi.pdf] Text
4181141008_Daftar_Isi.pdf

Download (21kB)
[thumbnail of 4181141008_BAB_I.pdf] Text
4181141008_BAB_I.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 4181141008_BAB_V.pdf] Text
4181141008_BAB_V.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of 4181141008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4181141008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (258kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar kontribusi indikator berpikir kreatif dan hubungan antara hasil proses belajar dengan hasil berpikir kreatif siswa saat mempelajari materi keanekaragaman hayati dalam pembelajaran biologi kelas X SMAN 10 Medan. Populasi penelitian seluruh siswa SMAN 10 Medan. Sampel penelitian seluruh siswa kelas X MIA 1, kelas X MIA 2 dan X MIA 3 di SMAN 10 Medan. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling. Instrumen penelitian ini berupa tes essai, wawancara, angket, dan observasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan mixed method dan desain penelitian non-eksperimen. Hasil penelitian yang diperoleh terkait deskripsi tes keterampilan berpikir kreatif siswa dan proses belajar siswa kelas X MIA SMAN 10 Medan menunjukkan bahwa kontribusi yang paling berpengaruh terhadap kontribusi indikator berpikir kreatif adalah keluwesan dengan hasil koefisien determinasinya 94,5%. Hubungan antara hasil proses belajar dengan berpikir kreatif yaitu setiap pertambahan nilai proses belajar siswa berpengaruh terhadap berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan proses belajar dengan berpikir kreatif hasilnya memang berkorelasi positif dengan r = 74,5 dan koefisien determinasi 54,2% artinya meskipun memiliki korelasi yang cukup namun proses belajar hanya berkontribusi terhadap berpikir kreatif 54,2%, dengan demikian masih ada 45,8% lagi faktor diluar proses belajar yang memberikan kontribusi terhadap berfikir kreatif. Korelasi komponen proses belajar terhadap berfikir kreatif secara berturut dari yang paling tinggi adalah X2 (r = 0,884), X4 (r = 0,763), X3 (r = 0,765) dan X1 (r = 0,650). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa kontribusi yang paling berpengaruh terhadap kontribusi indikator berpikir kreatif adalah keluwesan dengan hasil koefisien determinasinya 94,5%. Dan hubungan antara hasil proses belajar dengan berpikir kreatif yaitu setiap pertambahan nilai proses belajar siswa berpengaruh terhadap berpikir kreatif kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Analisis, berpikir kreatif, keanekaraman hayati
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Jan 2025 04:29
Last Modified: 30 Jan 2025 04:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59265

Actions (login required)

View Item
View Item