Zuhud, Mhd.Harris (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN DAN MENERAPKAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA KELAS X TKR SMK SWASTA MANDIRI TAHUN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5103321025 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
02. NIM. 5103321025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
03. NIM. 5103321025. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
04. NIM. 5103321025. PREFACE .pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
05. NIM. 5103321025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
06. NIM. 5103321025. TABLE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
07. NIM. 5103321025. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08. NIM. 5103321025. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
09. NIM. 5103321025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
13. NIM. 5103321025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
14. NIM. 5103321025. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model PBL dan CTL pada kompetensi dasar K3 di kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta Mandiri Tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKR yang terdiri dari 2 kelas pada semester I Tahun Ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara intact group atau menggunakan kelompok yang sudah ada, dengan mengambil 2 kelas, X TKR1 sebagai kelas yang diajar dengan Model PBL dan X TKR2 sebagai kelas yang diajar dengan Model CTL. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda sebanyak 30 soal yang sudah diuji cobakan dan dianalisis terlebih dahulu. Sebelum dilakukan perlakuan pada 2 (dua) kelas tersebut terlebih dahulu diberikan pretest untuk memperoleh data awal untuk mengetahui seberapa jauh peningkatan hasil belajar dalam penelitian ini dan untuk mengetahui kemampuan kedua kelas tersebut apakah sama atau tidak. Setelah diberikan perlakuan kemudian diberikan posttest untuk memperoleh data hasil belajar sebagai alat pengumpul data penelitian. Data diambil dari hasil belajar yang dicapai oleh siswa dan selanjutnya dianalisis untuk menguji hipotesis dengan rumus statistik uji t. Hasil dari penelitian menunjukkan hasil belajar siswa sebelum pembelajaran antara kelas PBL dan kelas CTL memiliki kemampuan awal yang hampir sama, ditunjukkan dengan peroleh rata - rata nilai pretest dari kelas PBL 40,89 dan kelas CTL sebesar 40,79. Sesudah perlakuan pembelajaran kelas X TKR1 yang menggunakan model PBL hasilnya lebih tinggi dibandingkan kelas X TKR2 yang menggunakan model CTL. Ditunjukkan dengan perolehan rata - rata nilai posttest dari kelas PBL 76,1 dan kelas CTL sebesar 69,76. Dari hasil analisis uji hipotesis dengan taraf α = 0,01 dan dk 69 data perbandingan nilai posttest dari kedua kelas didapat bahwa harga thitung > ttabel (3,95 > 2,39) maka H0 ditolak, dengan demikian diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar K3 siswa kelas X TKR SMK Swasta Mandiri yang menggunakan model PBL dan CTL Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 055 |
Keywords: | odel Pembelajaran, Problem Based Learning; Contextual Teaching And Learning; Hasil Belajar; Keselamatan;Kesehatan Kerja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jun 2016 06:52 |
Last Modified: | 21 Jun 2016 06:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5925 |