PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR BERBASIS MASALAH KELAS XI DI SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN

Pratama, Romi (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR BERBASIS MASALAH KELAS XI DI SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4171121030_Cover.pdf] Text
4171121030_Cover.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 4171121030_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4171121030_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of 4171121030_Abstrak.pdf] Text
4171121030_Abstrak.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of 4171121030_Kata_Pengantar.pdf] Text
4171121030_Kata_Pengantar.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of 4171121030_Daftar_Isi.pdf] Text
4171121030_Daftar_Isi.pdf

Download (519kB)
[thumbnail of 4171121030_BAB_I.pdf] Text
4171121030_BAB_I.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of 4171121030_BAB_V.pdf] Text
4171121030_BAB_V.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 4171121030_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4171121030_Daftar_Pustaka.pdf

Download (234kB)

Abstract

Mata pelajaran fisika SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan, menunjukkan bahwa pembelajannya masih konvensional dan bahan ajar yang digunakan masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul fisika berbasis PBL yang valid pada materi suhu dan kalor menurut ahli materi dan ahli media dan mengembangkan e-modul fisika yang praktis bagi guru dan peserta didik, serta mengukur keefektifan e-modul fisika berbasis PBL yang dikembangkan terhadap tingkat pemecahan masalah peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk tertentu dan untuk mengetahui tingkat validitas produk yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE, terdiri dari tahap Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Media pembelajaran yang dikembangkan valid digunakan dalam pembelajaran berdasarkan hasil uji kevalidan oleh ahli materi dengan persentase 99,3% dan ahli media dengan presentase 88,5%. Uji coba kepraktisan dari hasil uji coba guru bidang studi memperoleh persentase 83%, uji coba pada kelompok kecil dengan 10 peserta didik memperoleh persentase 94,6% dan uji coba pada kelompok besar dengan 36 peserta didik memperoleh persentase 91,6%. Keefektifan e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Suhu dan Kalor yang telah dikembangkan dalam meningkatkan pemahaman konseptual peserta didik termasuk dalam kriteria sedang dengan nilai gain sebesar 0,61.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-Modul Fisika, Problem Based Learning (PBL) , Model ADDIE.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Jan 2025 04:51
Last Modified: 24 Jan 2025 04:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59225

Actions (login required)

View Item
View Item