PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO MEDAN

Siagian, Fenti Tania (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4171121011_Cover.pdf] Text
4171121011_Cover.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 4171121011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4171121011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 4171121011_Abstrak.pdf] Text
4171121011_Abstrak.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 4171121011_Kata_Pengantar.pdf] Text
4171121011_Kata_Pengantar.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 4171121011_Daftar_Isi.pdf] Text
4171121011_Daftar_Isi.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 4171121011_BAB_I.pdf] Text
4171121011_BAB_I.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 4171121011_BAB_V.pdf] Text
4171121011_BAB_V.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 4171121011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4171121011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis blended learning terhadap hasil belajar siswa materi pokok materi usaha dan energi kelas X Semester II SMA Swasta Dr. Wahidin Sudirohusodo Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Semester II SMA Swasta Dr. Wahidin Sudirohusodo Medan terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian dilakukan dengan teknik cluster random sampling, kelas X-1 sebagai kelas eksperimen diberikan model pembelajaran inkuiri berbasis blended learning dan X-2 sebagai kelas kontrol diberikan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes pilihan ganda dengan jumlah 20 soal. Nilai rata-rata postest kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 70,00 dan 66,56. Berdasarkan hasil analisis uji t satu pihak didapat nilai thitung = 2,00 dan ttabel= 1,669, pada taraf signifikan 0,05 (th > tt). Hal ini menyatakan ada pengaruh signifikan model pembelajaran inkuiri berbasis blended learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Usaha dan Energi Kelas X Semester II SMA Swasta Dr. Wahidin Sudirohusodo Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Inkuiri, blended learning, hasil belajar, usaha dan energi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Jan 2025 04:34
Last Modified: 24 Jan 2025 04:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59220

Actions (login required)

View Item
View Item