Siagian, Fenti Tania (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4171121011_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4171121011_Cover.pdf
Download (53kB)
![[thumbnail of 4171121011_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4171121011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (75kB)
![[thumbnail of 4171121011_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4171121011_Abstrak.pdf
Download (55kB)
![[thumbnail of 4171121011_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4171121011_Kata_Pengantar.pdf
Download (247kB)
![[thumbnail of 4171121011_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4171121011_Daftar_Isi.pdf
Download (180kB)
![[thumbnail of 4171121011_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4171121011_BAB_I.pdf
Download (74kB)
![[thumbnail of 4171121011_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4171121011_BAB_V.pdf
Download (74kB)
![[thumbnail of 4171121011_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4171121011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (12kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis blended learning terhadap hasil belajar siswa materi pokok materi usaha dan energi kelas X Semester II SMA Swasta Dr. Wahidin Sudirohusodo Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Semester II SMA Swasta Dr. Wahidin Sudirohusodo Medan terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian dilakukan dengan teknik cluster random sampling, kelas X-1 sebagai kelas eksperimen diberikan model pembelajaran inkuiri berbasis blended learning dan X-2 sebagai kelas kontrol diberikan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes pilihan ganda dengan jumlah 20 soal. Nilai rata-rata postest kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 70,00 dan 66,56. Berdasarkan hasil analisis uji t satu pihak didapat nilai thitung = 2,00 dan ttabel= 1,669, pada taraf signifikan 0,05 (th > tt). Hal ini menyatakan ada pengaruh signifikan model pembelajaran inkuiri berbasis blended learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Usaha dan Energi Kelas X Semester II SMA Swasta Dr. Wahidin Sudirohusodo Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Inkuiri, blended learning, hasil belajar, usaha dan energi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 04:34 |
Last Modified: | 24 Jan 2025 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59220 |