PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP IT DAARUL ISTIQLAL

Syahwitri, Nadillah (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP IT DAARUL ISTIQLAL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191111018_Cover.pdf] Text
4191111018_Cover.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of 4191111018_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191111018_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 4191111018_Abstrak.pdf] Text
4191111018_Abstrak.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of 4191111018_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191111018_Kata_Pengantar.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of 4191111018_Daftar_Isi.pdf] Text
4191111018_Daftar_Isi.pdf

Download (626kB)
[thumbnail of 4191111018_BAB_I.pdf] Text
4191111018_BAB_I.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of 4191111018_BAB_V.pdf] Text
4191111018_BAB_V.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 4191111018_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191111018_Daftar_Pustaka.pdf

Download (283kB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP IT Daarul Istiqlal. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain two group pre test – post test. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP IT Daarul Istiqlal. Kelas VII – 1 sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan model pembelajaran problem based learning, sedangkan kelas VII – 2 sebagai kelas kontrol dengan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan, nilai rata – rata pre test kelas eksperimen diperoleh 54,64 dan nilai rata – rata pre test kelas kontrol 50,52. Nilai rata – rata post test kelas eksperimen diperoleh 67,5 dan nilai post test kelas control diperoleh 60. Berdasrkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan dk = 62 dan �=0,05 diperoleh nilai uji t post test thitung 2,372 > ttabel 1,669, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas VII SMP IT Daarul Istiqlal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 512.071 2 Sya p
Keywords: Problem based learning; Pemecahan masalah matematika; Aljabar; Student team achievement division
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Jan 2025 04:44
Last Modified: 24 Jan 2025 04:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59219

Actions (login required)

View Item
View Item