PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA KELAS VIII DI SMP NEGERI 36 MEDAN T.P. 2023/2024

Flower, Mutiara (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA KELAS VIII DI SMP NEGERI 36 MEDAN T.P. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4192451006_Cover.pdf] Text
4192451006_Cover.pdf

Download (26kB)
[thumbnail of 4192451006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192451006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (445kB)
[thumbnail of 4192451006_Abstrak.pdf] Text
4192451006_Abstrak.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 4192451006_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192451006_Kata_Pengantar.pdf

Download (654kB)
[thumbnail of 4192451006_Daftar_Isi.pdf] Text
4192451006_Daftar_Isi.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of 4192451006_BAB_I.pdf] Text
4192451006_BAB_I.pdf

Download (688kB)
[thumbnail of 4192451006_BAB_V.pdf] Text
4192451006_BAB_V.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of 4192451006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192451006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (132kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan peningkatan kemampuan kognitif siswa menggunakan model problem based learning (PBL) pada materi usaha dan pesawat sederhana kelas VIII di SMP Negeri 36 Medan Tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest and posttest control group design. Pengambilan sampel telah dilaksanakan dengan teknik cluster random sampling. Populasi penelitian seluruh kelas VIII SMP Negeri 36 Medan yang terdiri dari sembilan kelas. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen VIII-3 dan kelas kontrol VIII-2. Pengumpulan data dilaksanakan dengan pemberian tes. Data dianalisis dengan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test. Data rata-rata pretest dan posttest hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen masing-masing adalah 39,8 dan 85,9 dan pada kelas kontrol 42,8 dan 72,9. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa terdapat pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi usaha dan pesawat sederhana kelas VIII di SMP Negeri 36 Medan. Pengaruh tersebut terbukti dari hasil uji hipotesis yang memperoleh nilai sig. (2-tailed) (0,00) < nilai taraf sig. (0,05). Data pretest dan posttest menunjukkan peningkatan hasil belajar kognitif berdasarkan n-gain. Peningkatan hasil belajar kognitif kelas eksperimen yaitu 74% dan kelas kontrol yaitu 49%. Dapat disimpulkan bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan kognitif siswa pada materi usaha dan pesawat sederhana di kelas VIII SMP Negeri 36 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Kemampuan Kognitif, Usaha dan Pesawat Sederhana.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Jan 2025 02:54
Last Modified: 24 Jan 2025 02:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59209

Actions (login required)

View Item
View Item