Mufitdah, Heny Nurul (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN LKPD BERBASIS STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA KELAS VII MTS CERDAS MURNI. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4183351011_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4183351011_Cover.pdf
Download (189kB)
![[thumbnail of 4183351011_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4183351011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (622kB)
![[thumbnail of 4183351011_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4183351011_Abstrak.pdf
Download (283kB)
![[thumbnail of 4183351011_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4183351011_Kata_Pengantar.pdf
Download (511kB)
![[thumbnail of 4183351011_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4183351011_Daftar_Isi.pdf
Download (447kB)
![[thumbnail of 4183351011_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4183351011_BAB_I.pdf
Download (323kB)
![[thumbnail of 4183351011_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4183351011_BAB_V.pdf
Download (193kB)
![[thumbnail of 4183351011_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4183351011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (311kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model Project Based Learning (PjBL) berbantuan LKPD berbasis STEM pada materi kalor dan perpindahannya dan aspek berpikir kritis apakah yang memiliki persentase dengan nilai gain tertinggi melalui model Project Based Learning berbantuan LKPD berbasis STEM pada materi kalor dan perpindahannya. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen yang melibatkan kelas kontrol dan eksperimen dengan desain two group pretest and posttest design. Sampel dalam penelitian ini dipilih siswa kelas VII-1 dan VII-3 dengan jumlah masing-masing kelas sebanyak 28 orang siswa sehingga total sampel adalah 56 orang siswa dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis yang telah divalidasi dalam bentuk tes essai berjumlah 12 soal dengan memenuhi syarat validasi isi yaitu 0,377 sampai 0,563 dan memenuhi syarat reliabilitas sebesar 0,712. Dari hasil penelitian diperoleh data bersifat homogen. Pada uji normalitas data pretest dan posttest berdistribusi normal. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis posttest diperoleh sebesar 0,000 sehingga disimpulkan terdapat pengaruh model Project Based Learning berbantuan LKPD berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 7 pada materi kalor dan perpindahannya di MTs Cerdas Murni. Pada pengujian gain ternormalisasi diperoleh n-gain sebesar 0,77 (77%) pada kelas eksperimen dan sebesar 0,56 (56%) pada kelas kontrol sehingga disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model Project Based Learning berbantuan LKPD berbasis STEM pada materi kalor dan perpindahannya memenuhi kriteria tinggi pada kelas eksperimen dan kategori sedang pada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada aspek memberikan penjelasan lebih lanjut sebesar 83%, pada aspek memberikan penjelasan sederhana sebesar 82%, pada aspek menyimpulkan sebesar 76%, pada aspek menyusun strategi dan taktik sebesar 71% dan pada aspek membangun keterampilan dasar sebesar 63%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aspek berpikir kritis yang memiliki persentase lebih tinggi adalah pada aspek memberikan penjelasan lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 536.071 2 Muf p |
Keywords: | Kalor; Berpikir kritis; Project based learning; Lembar kerja peserta didik; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics > QC251 Heat Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 02:32 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 03:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59205 |