PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII SMP PAB 8 MEDAN

Asiah, Hasri Indah (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII SMP PAB 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4173351008_Cover.pdf] Text
4173351008_Cover.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 4173351008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4173351008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of 4173351008_Abstrak.pdf] Text
4173351008_Abstrak.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 4173351008_Kata_Pengantar.pdf] Text
4173351008_Kata_Pengantar.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 4173351008_Daftar_Isi.pdf] Text
4173351008_Daftar_Isi.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 4173351008_BAB_I.pdf] Text
4173351008_BAB_I.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 4173351008_BAB_V.pdf] Text
4173351008_BAB_V.pdf

Download (6kB)
[thumbnail of 4173351008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4173351008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (247kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem pernapasan manusia dan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis setelah menggunakan penerapan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada materi sistem pernapasan manusia di kelas VIII SMP PAB 8 Medan. Jenis penelitian ini menggunakan quasi eksperimen desain two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VIII yang terdiri dari empat kelas. Sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) dan kelas VIIIB menggunakan model pembelajaran konvensional yang dipilih secara random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis yang telah divalidasi dalam bentuk essay sebanyak 5 soal. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 79,9 dan 67,1. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 29,8 dan 29,2 yang menyatakan data tersebut bersifat homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan paired sample t-test dengan menggunakan taraf signifikansi � =0,05%, diperoleh nilai sig 0,000 dimana nilai ini lebih kecil dari 0,05. Jika nili signifikan < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Pada pengujian gain diperoleh sebesar 78% yang menyatakan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada materi sistem pernapasan manusia memenuhi kriteria tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 573.2 Asi p
Keywords: Model pembelajaran; Sains teknologi masyarakat; Berpikir kritis; Sistem pernapasan manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Jan 2025 02:26
Last Modified: 29 Apr 2025 03:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59204

Actions (login required)

View Item
View Item