PENGARUH PHENOMENON BASED LEARNING TERINTEGRASI ETNOSAINS TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI SUHU, KALOR DAN PEMUAIAN DI KELAS VII SMP NEGERI 35 MEDAN T.P 2023/2024

Purba, Felicia R. (2024) PENGARUH PHENOMENON BASED LEARNING TERINTEGRASI ETNOSAINS TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI SUHU, KALOR DAN PEMUAIAN DI KELAS VII SMP NEGERI 35 MEDAN T.P 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203151030_Cover.pdf] Text
4203151030_Cover.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 4203151030_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203151030_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (680kB)
[thumbnail of 4203151030_Abstrak.pdf] Text
4203151030_Abstrak.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 4203151030_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203151030_Kata_Pengantar.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 4203151030_Daftar_Isi.pdf] Text
4203151030_Daftar_Isi.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 4203151030_BAB_I.pdf] Text
4203151030_BAB_I.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 4203151030_BAB_V.pdf] Text
4203151030_BAB_V.pdf

Download (6kB)
[thumbnail of 4203151030_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203151030_Daftar_Pustaka.pdf

Download (387kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model PhenoBL terintegrasi etnosains terhadap kemampuan literasi sains pada kompetensi menjelaskan fenomena secara ilmiah, mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah dan menafsirkan data dan bukti secara ilmiah pada materi suhu, kalor dan pemuaian. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 35 Medan dengan populasi seluruh siswa kelas VII. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling, maka kelas yang terpilih adalah kelas VII-5 dan VII-6 dengan total sebanyak 64 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrument tes pilihan berganda yang berjumlah 30 soal. Data diolah secara deskriptif dengan IBM SPSS statistic 29 for windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 30,40 dan kelas kontrol 29,78 serta rata-rata posttest kelas eksperimen 70,20 dan kelas kontrol 50,62. Uji t pada kompetensi menjelaskan fenomena secara ilmiah signifikansi 0,009<0,05, kompetensi mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah signifikansi 0,022<0,05 dan kompetensi
menafsirkan data dan bukti secara ilmiah signifikansi 0,043<0,05, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa penerapan phenomenon based learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi suhu, kalor dan pemuaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Phenomenon Based Learning terintegrasi etnosains secara signifikan terhadap
kemampuan literasi sains siswa pada materi suhu, kalor dan pemuaian di kelas VII SMP Negeri 35 Medan T.P 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 536.071 2 Pur p
Keywords: Phenomenon based learning; Etnosains; Literasi sains; Suhu; Kalor; Pemuaian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Jan 2025 02:20
Last Modified: 28 Apr 2025 06:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59203

Actions (login required)

View Item
View Item