Danuati, Ningrum (2024) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 1 BABALAN T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191151008_Cover.pdf
Download (56kB)
4191151008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (865kB)
4191151008_Abstrak.pdf
Download (187kB)
4191151008_Kata_Pengantar.pdf
Download (492kB)
4191151008_Daftar_Isi.pdf
Download (188kB)
4191151008_BAB_I.pdf
Download (649kB)
4191151008_BAB_V.pdf
Download (516kB)
4191151008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (207kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran STEM terhadap hasil belajar Siswa SMP pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 1 Babalan Tahun Pengajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain Pretest and Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yakni kelas VII-8 (Kelas Eksperimen) dengan menggunakan pendekatan pembelajaran STEM dan VII-6 (Kelas Kontrol) dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Scientific. Pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi. Data rata-rata pretest dan posttest hasil belajar pada kelas ekperimen masing-masing adalah 46,03 dan 84,69, dan pada kelas kontrol 40,29 dan 73,84. Data analisis dengan menggunakan Independent Sample t-test menggunakan SPSS Versi 20. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran STEM terhadap hasil belajar IPA materi pencemaran lingkungan pada kelas VII SMP Negeri 1 Babalan Tahun Pengajaran 2022/2023. Pada kelas ekperimen hasil nilai N-gain kelas eksperimen sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Dan pada kelas kontrol hasil nilai N-gain kelas kontrol sebesar 0,54 dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran STEM terhadap hasil belajar pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP Negeri 1 Babalan T.P 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pendekatan pembelajaran, STEM, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 08:57 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 08:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59200 |