PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF KELAS VIII SMP T.P 2023/2024

Sinulingga, Sovranita Rasbina (2024) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF KELAS VIII SMP T.P 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203351025_Cover.pdf] Text
4203351025_Cover.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 4203351025_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203351025_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of 4203351025_Abstrak.pdf] Text
4203351025_Abstrak.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 4203351025_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203351025_Kata_Pengantar.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 4203351025_Daftar_Isi.pdf] Text
4203351025_Daftar_Isi.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 4203351025_BAB_I.pdf] Text
4203351025_BAB_I.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of 4203351025_BAB_V.pdf] Text
4203351025_BAB_V.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 4203351025_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203351025_Daftar_Pustaka.pdf

Download (223kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penerapan model
Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif dan Sikap Ilmiah Siswa
Pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Kelas VIII SMP T.P 2023/2024. Penelitian
ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) menggunakan
desain Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam
penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 STM Hilir. Sampel
yang digunakan diambil secara cluster random sampling sebanyak 59 siswa dengan
kelas VIII-C sebagai kelompok eksperimen yang diajar dengan model PBL dan
kelas VIII-B sebagai kelas kontrol diajar dengan model pembelajaran konvensional
(direct instruction). Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes pilihan
berganda untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa dan lembar angket untuk
mengetahui sikap ilmiah siswa. Data diolah secara deskriptif dengan IBM SPSS
statistic 29 for windows. Hasil uji hipotesis diperoleh bahwa kemampuan kognitif
siswa dalam pembelajaran dengan model PBL diperoleh thitung > tTabel (5,350 >
1,672) dan sikap ilmiah 0,01 < 0,05, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima,
artinya bahwa penerapan model pembelajaran PBL berpengaruh signifikan
terhadap kemampuan kognitif dan sikap ilmiah siswa pada materi zat aditif dan zat
adiktif Kelas VIII Tahun Ajaran 2023/2024. Uji hipotesis korelasi menunukkan
bahwa rhitung > rTabel 0,712 > 0,361 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, artinya
bahwa terdapat korelasi kemampuan kognitif terhadap sikap ilmiah siswa pada
materi zat aditif dan zat adiktif Kelas VIII Tahun Ajaran 2023/2024 dengan nilai r
0,712 termasuk dalam kriteria berkorelasi tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Kemampuan Kognitif, Sikap Ilmiah, Zat Aditif dan Zat Adiktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Jan 2025 08:35
Last Modified: 23 Jan 2025 08:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59195

Actions (login required)

View Item
View Item