Sinulingga, Sovranita Rasbina (2024) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF KELAS VIII SMP T.P 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203351025_Cover.pdf
Download (79kB)
4203351025_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (394kB)
4203351025_Abstrak.pdf
Download (245kB)
4203351025_Kata_Pengantar.pdf
Download (216kB)
4203351025_Daftar_Isi.pdf
Download (117kB)
4203351025_BAB_I.pdf
Download (269kB)
4203351025_BAB_V.pdf
Download (206kB)
4203351025_Daftar_Pustaka.pdf
Download (223kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penerapan model
Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif dan Sikap Ilmiah Siswa
Pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Kelas VIII SMP T.P 2023/2024. Penelitian
ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) menggunakan
desain Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam
penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 STM Hilir. Sampel
yang digunakan diambil secara cluster random sampling sebanyak 59 siswa dengan
kelas VIII-C sebagai kelompok eksperimen yang diajar dengan model PBL dan
kelas VIII-B sebagai kelas kontrol diajar dengan model pembelajaran konvensional
(direct instruction). Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes pilihan
berganda untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa dan lembar angket untuk
mengetahui sikap ilmiah siswa. Data diolah secara deskriptif dengan IBM SPSS
statistic 29 for windows. Hasil uji hipotesis diperoleh bahwa kemampuan kognitif
siswa dalam pembelajaran dengan model PBL diperoleh thitung > tTabel (5,350 >
1,672) dan sikap ilmiah 0,01 < 0,05, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima,
artinya bahwa penerapan model pembelajaran PBL berpengaruh signifikan
terhadap kemampuan kognitif dan sikap ilmiah siswa pada materi zat aditif dan zat
adiktif Kelas VIII Tahun Ajaran 2023/2024. Uji hipotesis korelasi menunukkan
bahwa rhitung > rTabel 0,712 > 0,361 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, artinya
bahwa terdapat korelasi kemampuan kognitif terhadap sikap ilmiah siswa pada
materi zat aditif dan zat adiktif Kelas VIII Tahun Ajaran 2023/2024 dengan nilai r
0,712 termasuk dalam kriteria berkorelasi tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, Kemampuan Kognitif, Sikap Ilmiah, Zat Aditif dan Zat Adiktif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 08:35 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 08:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59195 |