PENGARUH LKPD STEM MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT PESERTA DIDIK PADA MATERI LAJU REAKSI

Siregar, Nia Pratiwi (2024) PENGARUH LKPD STEM MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT PESERTA DIDIK PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131025_Cover.pdf] Text
4203131025_Cover.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 4203131025_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131025_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of 4203131025_Abstrak.pdf] Text
4203131025_Abstrak.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 4203131025_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131025_Kata_Pengantar.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 4203131025_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131025_Daftar_Isi.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of 4203131025_BAB_I.pdf] Text
4203131025_BAB_I.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 4203131025_BAB_V.pdf] Text
4203131025_BAB_V.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 4203131025_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131025_Daftar_Pustaka.pdf

Download (242kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh LKPD STEM menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada materi laju reaksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 8 Medan pada tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pretest posttest control group desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA di SMAN 8 Medan. Adapun sampel penelitian kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan LKPD STEM menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas XI MIPA 1 sebagai kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) tanpa LKPD STEM. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Intrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah 20 soal pilihan berganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda, dan 25 butir pernyataan angket minat belajar. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengaruh LKPD STEM menggunakan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar dengan uji hipotesis sig. 0,001 < α (0,05). Selain itu terdapat pengaruh pengaruh LKPD STEM menggunakan model Problem Based Learning (PBL) terhadap minat belajar dengan uji hipotesis sig. 0,000 < α (0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.394 Sir p
Keywords: Laju reaksi; Minat; Problem based learning; Lembar kerja peserta didik; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Jan 2025 04:40
Last Modified: 21 Apr 2025 04:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59169

Actions (login required)

View Item
View Item