Siregar, Nia Pratiwi (2024) PENGARUH LKPD STEM MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT PESERTA DIDIK PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203131025_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131025_Cover.pdf
Download (41kB)
![[thumbnail of 4203131025_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131025_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (330kB)
![[thumbnail of 4203131025_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131025_Abstrak.pdf
Download (224kB)
![[thumbnail of 4203131025_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131025_Kata_Pengantar.pdf
Download (288kB)
![[thumbnail of 4203131025_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131025_Daftar_Isi.pdf
Download (421kB)
![[thumbnail of 4203131025_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131025_BAB_I.pdf
Download (195kB)
![[thumbnail of 4203131025_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131025_BAB_V.pdf
Download (177kB)
![[thumbnail of 4203131025_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131025_Daftar_Pustaka.pdf
Download (242kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh LKPD STEM menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada materi laju reaksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 8 Medan pada tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pretest posttest control group desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA di SMAN 8 Medan. Adapun sampel penelitian kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan LKPD STEM menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas XI MIPA 1 sebagai kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) tanpa LKPD STEM. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Intrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah 20 soal pilihan berganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda, dan 25 butir pernyataan angket minat belajar. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengaruh LKPD STEM menggunakan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar dengan uji hipotesis sig. 0,001 < α (0,05). Selain itu terdapat pengaruh pengaruh LKPD STEM menggunakan model Problem Based Learning (PBL) terhadap minat belajar dengan uji hipotesis sig. 0,000 < α (0,05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.394 Sir p |
Keywords: | Laju reaksi; Minat; Problem based learning; Lembar kerja peserta didik; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 04:40 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59169 |