PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

Panjaitan, Rezky Maharani (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131014_Cover.pdf] Text
4203131014_Cover.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of 4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of 4203131014_Abstrak.pdf] Text
4203131014_Abstrak.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 4203131014_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131014_Kata_Pengantar.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4203131014_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131014_Daftar_Isi.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 4203131014_BAB_I.pdf] Text
4203131014_BAB_I.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 4203131014_BAB_V.pdf] Text
4203131014_BAB_V.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of 4203131014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (429kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh model Kooperatif Tipe STAD berbantuan media power point morph terhadap motivasi dan hasil belajar siswa serta korelasi antara motivasi dan hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Medan T.A 2023/2024. Teknik pengambilan sampel adalah dengan purposive sampling dan dipilih 2 kelas sebagai kelas eksperimen (XI IPA 1) dan kelas kontrol (XI IPA 4). Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pretest posttest control design. Pengumpulan data menggunakan tes pilihan berganda sebanyak 16 butir soal dan angket motivasi sebanyak 25 butir soal yang sudah terpenuhi syarat pengujian instrumennya. Berdasarkan test yang dilakukan, diperoleh nilai rata-rata motivasi, tes awal dan tes akhir pada kelas eksperimen adalah 77,56; 44,30 dan 85,85. Sedangkan nilai rata-rata motivasi, tes awal dan tes akhir pada kelas kontrol adalah 68,97; 42,10; dan 76,84. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki n-gain yang lebih tinggi (73,45%) dibandingkan dengan kelas kontrol (57,20%). Selain itu, hasil uji hipotesis pertama (0,000) menggunakan uji independent sample t-test dan hipotesis kedua (0,000) menggunakan uji mann whithney test menunjukkan nilai signifikansi (sig) < 0,05, sehingga Ha diterima. Pada uji hipotesis III menunjukkan adanya korelasi antara motivasi dan hasil belajar siswa dengan nilai Sig (2-Tailed) 0,001 dan pearson correlation 0,381. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan bantuan media power point morph pada materi hidrolisis garam memiliki pengaruh lebih besar dibandingkan dengan penggunaan model Direct Instruction dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: STAD, Motivasi, Hasil Belajar, Media, Korelasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Jan 2025 03:21
Last Modified: 23 Jan 2025 03:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59157

Actions (login required)

View Item
View Item