Sitompul, Sindia Julita (2024) PERBEDAAN HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN VIRTUAL LAB DAN REAL LAB PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203131014_Cover.pdf
Download (17kB)
4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (486kB)
4203131014_Abstrak.pdf
Download (192kB)
4203131014_Kata_Pengantar.pdf
Download (214kB)
4203131014_Daftar_Isi.pdf
Download (201kB)
4203131014_BAB_I.pdf
Download (349kB)
4203131014_BAB_V.pdf
Download (9kB)
4203131014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (429kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil dan minat
belajar siswa yang diajar dengan model Discovery Learning menggunakan media
virtual lab yaitu PhET simulation dan real lab serta menentukan hubungan atau
korelasi minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Batang Kuis terdiri dari 5
kelas sebanyak 215 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling
yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen I dan XI MIA 3 sebagai kelas
eksperimen II. Sebelum melakukan uji hipotesis, dilakukan uji prasayarat yaitu uji
normalitas dan homogenitas. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan
menggunakan uji dua pihak Independent Sample T-Test dan uji
korelasi. Untuk Uji Hipotesis I diperoleh hasil sig. 0,043 (sig < 0,05) menunjukkan
bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model Discovery
Learning menggunakan media virtual lab dibandingkan hasil belajar siswa yang
diajar dengan model Discovery Learning menggunakan media real lab pada materi
asam basa. Untuk Uji Hipotesis II diperoleh hasil sig. 0,019 (sig < 0,05)
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan minat belajar siswa yang diajar dengan
model Discovery Learning menggunakan media virtual lab dibandingkan minat
belajar siswa yang diajar dengan model Discovery Learning menggunakan media
real lab pada materi asam basa. Untuk Uji Hipotesis III korelasi antara minat belajar
siswa dengan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa untuk kelas eksperimen I
diperoleh korelasinya sebesar 0,739 (korelasi tinggi). Sedangkan, untuk kelas
eksperimen II diperoleh korelasinya sebesar 0,891 (korelasi sangat tinggi).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | (Discovery Learning, PhET simulation, Real Lab, Asam Basa) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 02:34 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 02:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59149 |