PERBEDAAN HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN VIRTUAL LAB DAN REAL LAB PADA MATERI ASAM BASA

Sitompul, Sindia Julita (2024) PERBEDAAN HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN VIRTUAL LAB DAN REAL LAB PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131014_Cover.pdf] Text
4203131014_Cover.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of 4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of 4203131014_Abstrak.pdf] Text
4203131014_Abstrak.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 4203131014_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131014_Kata_Pengantar.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4203131014_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131014_Daftar_Isi.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 4203131014_BAB_I.pdf] Text
4203131014_BAB_I.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 4203131014_BAB_V.pdf] Text
4203131014_BAB_V.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of 4203131014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (429kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil dan minat
belajar siswa yang diajar dengan model Discovery Learning menggunakan media
virtual lab yaitu PhET simulation dan real lab serta menentukan hubungan atau
korelasi minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Batang Kuis terdiri dari 5
kelas sebanyak 215 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling
yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen I dan XI MIA 3 sebagai kelas
eksperimen II. Sebelum melakukan uji hipotesis, dilakukan uji prasayarat yaitu uji
normalitas dan homogenitas. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan
menggunakan uji dua pihak Independent Sample T-Test dan uji
korelasi. Untuk Uji Hipotesis I diperoleh hasil sig. 0,043 (sig < 0,05) menunjukkan
bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model Discovery
Learning menggunakan media virtual lab dibandingkan hasil belajar siswa yang
diajar dengan model Discovery Learning menggunakan media real lab pada materi
asam basa. Untuk Uji Hipotesis II diperoleh hasil sig. 0,019 (sig < 0,05)
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan minat belajar siswa yang diajar dengan
model Discovery Learning menggunakan media virtual lab dibandingkan minat
belajar siswa yang diajar dengan model Discovery Learning menggunakan media
real lab pada materi asam basa. Untuk Uji Hipotesis III korelasi antara minat belajar
siswa dengan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa untuk kelas eksperimen I
diperoleh korelasinya sebesar 0,739 (korelasi tinggi). Sedangkan, untuk kelas
eksperimen II diperoleh korelasinya sebesar 0,891 (korelasi sangat tinggi).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: (Discovery Learning, PhET simulation, Real Lab, Asam Basa)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Jan 2025 02:34
Last Modified: 23 Jan 2025 02:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59149

Actions (login required)

View Item
View Item