PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

Ginting, Sinta Selfrida Sari (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203331033_Cover.pdf] Text
4203331033_Cover.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 4203331033_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203331033_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of 4203331033_Abstrak.pdf] Text
4203331033_Abstrak.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 4203331033_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203331033_Kata_Pengantar.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of 4203331033_Daftar_Isi.pdf] Text
4203331033_Daftar_Isi.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of 4203331033_BAB_I.pdf] Text
4203331033_BAB_I.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 4203331033_BAB_V.pdf] Text
4203331033_BAB_V.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 4203331033_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203331033_Daftar_Pustaka.pdf

Download (330kB)

Abstract

Studi ini memiliki tujuan untuk menentukan adanya pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa dan menentukan hubungan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa . Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA di SMAN 1 Bahorok sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas Eksperimen dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah skor lembar observasi motivasi belajar dan hasil tes yang didapat melalui selisih antara posttest dan pretest . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar dan motivasi belajar anatar kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana kelas eksperimen menggunakan model Discovery Learning dengan berbantuan media video pembelajaran sedangkan pada kelas kontrol tanpa menggunakan model tetapi memakai media pembelajaran video pembelajaran . Hal ini bisa bisa diberikan bukti mengacu pada nilai rata – rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelasa kelas kontrol. Begitupun dengan motivasi belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai motivasi belajar di kelas kontrol.Dari hasil uji hipotesis, dengan menggunakan uji t diperoleh bahwa t hitung> t tabel = 15,401> 2,036. Hasil motivasi belajar siswa dengan menggunakan uji t diperoleh bahwa t hitung> t tabel = 19,679> 2,036. Hubungan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa untuk kelas eksperimen diperoleh korelasinya sebesar 0,681 (korelasi tinggi). Sedangkan, untuk kelas kontrol diperoleh korelasinya sebesar 0,627 (korelasi tinggi).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.394 Gin p
Keywords: Hasil belajar; Motivasi belajar; Discovery learning; Laju reaksi; Video pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Jan 2025 02:27
Last Modified: 24 Apr 2025 04:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59148

Actions (login required)

View Item
View Item