Ramadhan, Sahrul (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS LITERASI SAINS DENGAN KONTEKS PEWARNAAN KAIN BATIK PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X DI SMA NEGERI 4 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203131014_Cover.pdf
Download (17kB)
4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (486kB)
4203131014_Abstrak.pdf
Download (192kB)
4203131014_Kata_Pengantar.pdf
Download (214kB)
4203131014_Daftar_Isi.pdf
Download (201kB)
4203131014_BAB_I.pdf
Download (349kB)
4203131014_BAB_V.pdf
Download (9kB)
4203131014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (429kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya capaian literasi sains peserta didik di Indonesia menurut PISA. Hasil wawancara dengan guru kimia SMAN 4 Medan menyatakan bahwa guru belum pernah mengembangkan instrumen tes untuk mengukur capaian literasi sains peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil validasi ahli, respon peserta didik terhadap instrumen tes dan peningkatan serta capaian level literasi sains peserta didik kelas X di SMA Negeri 4 Medan. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut dengan model pengembangan 4D. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 59 peserta didik dalam dua kelas dan 4 orang validator ahli. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) wawancara, (2) angket respon peserta didik, (3) validasi instrumen dan (4) tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan instrumen tes untuk mengukur level literasi sains peserta didik pada materi ikatan kimia layak untuk digunakan dengan hasil validasi ahli terhadap instrumen tes menghasilkan rata-rata nilai persentase sebesar 85% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi ahli terhadap butir soal dalam instrumen tes menghasilkan rata-rata uji validitas skala Aiken‟s V sebesar 0,807 dengan kriteria validitas sangat tinggi. Hasil angket respon peserta didik terhadap instrumen tes memiliki rata-rata persentase sebesar 85% pada kriteria sangat layak. Hasil respon peserta didik terhadap instrumen tes dengan hasil rata-rata persentase instrumen tes yang didapatkan yaitu sebesar 81,6% termasuk kriteria baik. Sedangkan rata-rata capaian tingkat literasi sains peserta didik di kelas X MIPA 4 SMA Negeri 4 Medan sudah sangat bagus karena 89% peserta didik yakni 25 dari 28 peserta didik berada pada kategori sedang dan tinggi (berada diatas 60%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Instrumen Tes, Literasi Sains, Respon Peserta Didik, Materi Ikatan Kimia, Model Pengembangan 4D. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 08:29 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 08:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59140 |