PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS LITERASI SAINS DENGAN KONTEKS PEWARNAAN KAIN BATIK PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X DI SMA NEGERI 4 MEDAN

Ramadhan, Sahrul (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS LITERASI SAINS DENGAN KONTEKS PEWARNAAN KAIN BATIK PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X DI SMA NEGERI 4 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131014_Cover.pdf] Text
4203131014_Cover.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of 4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of 4203131014_Abstrak.pdf] Text
4203131014_Abstrak.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 4203131014_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131014_Kata_Pengantar.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4203131014_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131014_Daftar_Isi.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 4203131014_BAB_I.pdf] Text
4203131014_BAB_I.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 4203131014_BAB_V.pdf] Text
4203131014_BAB_V.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of 4203131014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (429kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya capaian literasi sains peserta didik di Indonesia menurut PISA. Hasil wawancara dengan guru kimia SMAN 4 Medan menyatakan bahwa guru belum pernah mengembangkan instrumen tes untuk mengukur capaian literasi sains peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil validasi ahli, respon peserta didik terhadap instrumen tes dan peningkatan serta capaian level literasi sains peserta didik kelas X di SMA Negeri 4 Medan. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut dengan model pengembangan 4D. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 59 peserta didik dalam dua kelas dan 4 orang validator ahli. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) wawancara, (2) angket respon peserta didik, (3) validasi instrumen dan (4) tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan instrumen tes untuk mengukur level literasi sains peserta didik pada materi ikatan kimia layak untuk digunakan dengan hasil validasi ahli terhadap instrumen tes menghasilkan rata-rata nilai persentase sebesar 85% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi ahli terhadap butir soal dalam instrumen tes menghasilkan rata-rata uji validitas skala Aiken‟s V sebesar 0,807 dengan kriteria validitas sangat tinggi. Hasil angket respon peserta didik terhadap instrumen tes memiliki rata-rata persentase sebesar 85% pada kriteria sangat layak. Hasil respon peserta didik terhadap instrumen tes dengan hasil rata-rata persentase instrumen tes yang didapatkan yaitu sebesar 81,6% termasuk kriteria baik. Sedangkan rata-rata capaian tingkat literasi sains peserta didik di kelas X MIPA 4 SMA Negeri 4 Medan sudah sangat bagus karena 89% peserta didik yakni 25 dari 28 peserta didik berada pada kategori sedang dan tinggi (berada diatas 60%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Instrumen Tes, Literasi Sains, Respon Peserta Didik, Materi Ikatan Kimia, Model Pengembangan 4D.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Jan 2025 08:29
Last Modified: 22 Jan 2025 08:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59140

Actions (login required)

View Item
View Item