PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MEDIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA

Tambunan, Siti Muliana Katerina (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MEDIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202131007_Cover.pdf] Text
4202131007_Cover.pdf

Download (551kB)
[thumbnail of 4202131007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202131007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (807kB)
[thumbnail of 4202131007_Abstrak.pdf] Text
4202131007_Abstrak.pdf

Download (612kB)
[thumbnail of 4202131007_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202131007_Kata_Pengantar.pdf

Download (611kB)
[thumbnail of 4202131007_Daftar_Isi.pdf] Text
4202131007_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4202131007_BAB_I.pdf] Text
4202131007_BAB_I.pdf

Download (502kB)
[thumbnail of 4202131007_BAB_V.pdf] Text
4202131007_BAB_V.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of 4202131007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202131007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (771kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dengan berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dengan berbantuan media video terhadap minat belajar siswa pada materi ikatan kimia yang dilakukan di SMA Negeri 14 Medan. Sampel pada penelitian ini diambil 1 kelas yaitu kelas X-3. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Intsrumen penelitian pada penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal pilihan berganda sebanyak 20 soal, setelah diuji validasi, tingkat kesukaran, daya beda, dan reabilitas, dan instrumen non tes berupa angket minat belajar siswa sebanyak 25 butir pernyataan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata posstest sebesar 80,28 dengan gain 0,69 dengan kategori sedang. Pada data uji homogenitas dan normalitas diperoleh hasil normal dan homogeny. Selanjutnya pada data uji hipotesis dengan menggunakan uji One Sample T Test diperoleh nilai thitung yaitu 3,263 dan ttabel yaitu 1,690, hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Harga sig. (2-tailed) diperoleh 0,002, jika diperoleh hasil sig. < α (0,05), maka H0 ditoleh dan Ha diterima. Artinya, ada pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dengan berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia. Minat belajar siswa pada penelitian ini diperoleh rata-rata sebesar 76,06 dengan kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa, ada pengaruh model pembelajaran pembelajaran berbasis masalah dengan berbantuan media video terhadap minat belajar siswa pada materi ikatan kimia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.224 Tam p
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Hasil belajar; Minat belajar; Video; Ikatan kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Jan 2025 08:21
Last Modified: 24 Apr 2025 05:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59139

Actions (login required)

View Item
View Item