PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA MATERI KOLOID

Situmorang, Sopia Debora Br (2024) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA MATERI KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131014_Cover.pdf] Text
4203131014_Cover.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of 4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of 4203131014_Abstrak.pdf] Text
4203131014_Abstrak.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 4203131014_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131014_Kata_Pengantar.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4203131014_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131014_Daftar_Isi.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 4203131014_BAB_I.pdf] Text
4203131014_BAB_I.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 4203131014_BAB_V.pdf] Text
4203131014_BAB_V.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of 4203131014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (429kB)

Abstract

Penelitian ini mengembangkan modul kimia berbasis model PjBL dimana masih
ditemukan di sekolah belum memanfaatkan bahan ajar seperti modul sehingga
peserta didik kurang aktif dan kreatif pada saat pembelajaran. Adapun tujuan
penelitian ini untuk (1) mengetahui analisis kebutuhan serta perbandingan dengan
bahan ajar yang ada. (2) Mengetahui tingkat kelayakan memenuhi standar validasi
isi, validasi bahasa, validasi penyajian dan validasi kegrafikan modul kimia
berbasis Project Based Learning (PjBL) berdasarkan standar BSNP. Adapun
penelitian ini menggunakan metode (R&D) dengan model 4-D meliputi tahapan
(define, design, develop, and dissemination). Dari hasil analisis kelayakan media
yang telah divalidasi kepada ahli media dan materi dari rata-rata persentase
kelaykan isi 89%, aspek kelayakan penyajian 90%, aspek kelayakan bahasa 83%
dan aspek kelayakan kegrafikan 83% dan rata-rata keseluruhan modul sebesar 86%.
Respon guru terhadap modul yang dikembangkan diperoleh sebsar 92% dan respon
siswa sebesar 91%. Dapat disimpulkan bahwa melalui pengembangan modul kimia
berbasis model PjBL menggunakan canva dapat digunakan sebagai bahan ajar pada
materi koloid. Modul ini dapat menjadi salah satu terobosan dalam meningkatkan
cara belajar siswa pada materi koloid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Koloid, Modul, Project Based Learning (PjBL)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Jan 2025 08:11
Last Modified: 22 Jan 2025 08:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59138

Actions (login required)

View Item
View Item