PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PDEODE (PREDICTDISCUSS-EXPLAIN-OBSERVE-DISCUSS-EXPLAIN) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

Haloho, Theo Jan Fery (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PDEODE (PREDICTDISCUSS-EXPLAIN-OBSERVE-DISCUSS-EXPLAIN) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203331025_Cover.pdf] Text
4203331025_Cover.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 4203331025_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203331025_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 4203331025_Abstrak.pdf] Text
4203331025_Abstrak.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 4203331025_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203331025_Kata_Pengantar.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 4203331025_Daftar_Isi.pdf] Text
4203331025_Daftar_Isi.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 4203331025_BAB_I.pdf] Text
4203331025_BAB_I.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 4203331025_BAB_V.pdf] Text
4203331025_BAB_V.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 4203331025_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203331025_Daftar_Pustaka.pdf

Download (120kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PDEODE lebih tinggi dari pada hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan
model pembelajaran konvensional pada materi laju reaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain) berjumlah 32 siswa dan kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model konvensional berjumlah 32 siswa. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model PDEODE yaitu (81,25 ± 6,22) lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional yaitu (76,56 ± 6,89) dan rata-rata aktivitas belajar siswa menggunakan model PDEODE yaitu (79,7 ± 5,08) lebih tinggi dari rata-rata aktivitas belajar siswa menggunakan model konvensional (75,7 ± 5,68). Hasil hipotesis dengan menggunakan uji-t pihak kanan dan α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (2,86 > 1,670) untuk hasil belajar siswa dan thitung > ttabel (2,96 > 1,670) untuk aktivitas belajar siswa sehingga dalam penelitian ini hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H₂)
diterima. Dengan demikian, diperoleh bahwa hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PDEODE lebih tinggi dari pada hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi laju reaksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.394 Hal p
Keywords: Laju reaksi; Hasil belajar; Model PDEODE; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:57
Last Modified: 24 Apr 2025 07:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59136

Actions (login required)

View Item
View Item