PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PDEODE (PREDICTDISCUSS- EXPLAIN-OBSERVE-DISCUSS-EXPLAIN) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

Haloho, Theo Jan Fery (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PDEODE (PREDICTDISCUSS- EXPLAIN-OBSERVE-DISCUSS-EXPLAIN) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131014_Cover.pdf] Text
4203131014_Cover.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of 4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of 4203131014_Abstrak.pdf] Text
4203131014_Abstrak.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 4203131014_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131014_Kata_Pengantar.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4203131014_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131014_Daftar_Isi.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 4203131014_BAB_I.pdf] Text
4203131014_BAB_I.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 4203131014_BAB_V.pdf] Text
4203131014_BAB_V.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of 4203131014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (429kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar dan aktivitas
belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PDEODE lebih
tinggi dari pada hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan
model pembelajaran konvensional pada materi laju reaksi. Metode penelitian yang
digunakan adalah quasi eksperimental. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua
kelas yaitu kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model
pembelajaran PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain)
berjumlah 32 siswa dan kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model
konvensional berjumlah 32 siswa. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil
belajar siswa menggunakan model PDEODE yaitu (81,25 ± 6,22) lebih tinggi dari
rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional yaitu
(76,56 ± 6,89) dan rata-rata aktivitas belajar siswa menggunakan model PDEODE
yaitu (79,7 ± 5,08) lebih tinggi dari rata-rata aktivitas belajar siswa menggunakan
model konvensional (75,7 ± 5,68). Hasil hipotesis dengan menggunakan uji-t
pihak kanan dan α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (2,86 > 1,670) untuk hasil belajar
siswa dan thitung > ttabel (2,96 > 1,670) untuk aktivitas belajar siswa sehingga
dalam penelitian ini hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H₂)
diterima. Dengan demikian, diperoleh bahwa hasil belajar dan aktivitas belajar
siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PDEODE lebih tinggi dari
pada hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model
pembelajaran konvensional pada materi laju reaksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Aktivitas, PDEODE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:57
Last Modified: 22 Jan 2025 07:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59136

Actions (login required)

View Item
View Item