Haloho, Theo Jan Fery (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PDEODE (PREDICTDISCUSS- EXPLAIN-OBSERVE-DISCUSS-EXPLAIN) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203131014_Cover.pdf
Download (17kB)
4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (486kB)
4203131014_Abstrak.pdf
Download (192kB)
4203131014_Kata_Pengantar.pdf
Download (214kB)
4203131014_Daftar_Isi.pdf
Download (201kB)
4203131014_BAB_I.pdf
Download (349kB)
4203131014_BAB_V.pdf
Download (9kB)
4203131014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (429kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar dan aktivitas
belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PDEODE lebih
tinggi dari pada hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan
model pembelajaran konvensional pada materi laju reaksi. Metode penelitian yang
digunakan adalah quasi eksperimental. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua
kelas yaitu kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model
pembelajaran PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain)
berjumlah 32 siswa dan kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model
konvensional berjumlah 32 siswa. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil
belajar siswa menggunakan model PDEODE yaitu (81,25 ± 6,22) lebih tinggi dari
rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional yaitu
(76,56 ± 6,89) dan rata-rata aktivitas belajar siswa menggunakan model PDEODE
yaitu (79,7 ± 5,08) lebih tinggi dari rata-rata aktivitas belajar siswa menggunakan
model konvensional (75,7 ± 5,68). Hasil hipotesis dengan menggunakan uji-t
pihak kanan dan α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (2,86 > 1,670) untuk hasil belajar
siswa dan thitung > ttabel (2,96 > 1,670) untuk aktivitas belajar siswa sehingga
dalam penelitian ini hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H₂)
diterima. Dengan demikian, diperoleh bahwa hasil belajar dan aktivitas belajar
siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PDEODE lebih tinggi dari
pada hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model
pembelajaran konvensional pada materi laju reaksi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Aktivitas, PDEODE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:57 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 07:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59136 |