IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI ASAM BASA

Saragih, Winda Lestari (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131014_Cover.pdf] Text
4203131014_Cover.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of 4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of 4203131014_Abstrak.pdf] Text
4203131014_Abstrak.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 4203131014_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131014_Kata_Pengantar.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4203131014_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131014_Daftar_Isi.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 4203131014_BAB_I.pdf] Text
4203131014_BAB_I.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 4203131014_BAB_V.pdf] Text
4203131014_BAB_V.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of 4203131014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (429kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Evaluasi Pengetahuan
Awal dan Lembar Kerja Peserta Didik terhadap Evaluasi Hasil Belajar dan
mengetahui perbedaan hasil belajar antara pengetahuan awal yang tinggi dan
pengetahuan awal yang rendah dengan menggunakan model pembelajaran Problem
Based Learning terintegrasi Keterampilan Generik Sains pada materi Asam Basa.
Penelitian ini menggunakan desain paradigma ganda dengan dua variabel
independent dan satu variabel dependent. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purba yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam
penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 1 kelas yaitu
kelas XI-1 yang diajarkan dengan model Problem Based Learning terintegrasi
Keterampilan Generik Sains dengan perangkat pembelajaran yang terdiri dari
Evaluasi Pengetahuan Awal, Bahan Ajar, Lembar Kerja Peserta Didik, dan Evaluasi
Hasil Belajar. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes evaluasi
pengetahuan awal, instrumen tes evaluasi hasil belajar dan Lembar Kerja Peserta
Didik serta non tes lembar observasi siswa. Data dianalisis dengan uji regresi linear
ganda dan uji Independent Sample t-Test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa
ada pengaruh yang signifikan nilai antara Pengetahuan Awal dan Lembar Kerja
Peserta Didik terhadap hasil belajar dan terdapat perbedaan yang signifikan nilai
hasil belajar antara siswa yang kemampuan awalnya tergolong tinggi dengan siswa
yang kemampuan awalnya tergolong rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Keterampilan Generik Sains, Asam Basa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:36
Last Modified: 22 Jan 2025 07:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59132

Actions (login required)

View Item
View Item