Saragih, Winda Lestari (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4202131006_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202131006_Cover.pdf
Download (105kB)
![[thumbnail of 4202131006_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202131006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (278kB)
![[thumbnail of 4202131006_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202131006_Abstrak.pdf
Download (165kB)
![[thumbnail of 4202131006_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202131006_Kata_Pengantar.pdf
Download (141kB)
![[thumbnail of 4202131006_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202131006_Daftar_Isi.pdf
Download (179kB)
![[thumbnail of 4202131006_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202131006_BAB_I.pdf
Download (183kB)
![[thumbnail of 4202131006_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202131006_BAB_V.pdf
Download (131kB)
![[thumbnail of 4202131006_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202131006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (187kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Evaluasi Pengetahuan Awal dan Lembar Kerja Peserta Didik terhadap Evaluasi Hasil Belajar dan mengetahui perbedaan hasil belajar antara pengetahuan awal yang tinggi dan pengetahuan awal yang rendah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi Keterampilan Generik Sains pada materi Asam Basa. Penelitian ini menggunakan desain paradigma ganda dengan dua variabel independent dan satu variabel dependent. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purba yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 1 kelas yaitu kelas XI-1 yang diajarkan dengan model Problem Based Learning terintegrasi Keterampilan Generik Sains dengan perangkat pembelajaran yang terdiri dari Evaluasi Pengetahuan Awal, Bahan Ajar, Lembar Kerja Peserta Didik, dan Evaluasi Hasil Belajar. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes evaluasi pengetahuan awal, instrumen tes evaluasi hasil belajar dan Lembar Kerja Peserta Didik serta non tes lembar observasi siswa. Data dianalisis dengan uji regresi linear ganda dan uji Independent Sample t-Test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan nilai antara Pengetahuan Awal dan Lembar Kerja Peserta Didik terhadap hasil belajar dan terdapat perbedaan yang signifikan nilai hasil belajar antara siswa yang kemampuan awalnya tergolong tinggi dengan siswa yang kemampuan awalnya tergolong rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem based learning; Keterampilan generik sains; Asam basa; Bahan ajar; Lembar kerja peserta didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:36 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 05:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59132 |