Tarigan, Marsella Terenzi (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203131014_Cover.pdf
Download (17kB)
4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (486kB)
4203131014_Abstrak.pdf
Download (192kB)
4203131014_Kata_Pengantar.pdf
Download (214kB)
4203131014_Daftar_Isi.pdf
Download (201kB)
4203131014_BAB_I.pdf
Download (349kB)
4203131014_BAB_V.pdf
Download (9kB)
4203131014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (429kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh evaluasi pengetahuan
awal dan lembar kerja peserta didik terhadap hasil belajar dan untuk mengetahui
perbedaan hasil belajar antara pengetahuan awal yang tinggi dan pengetahuan awal
yang rendah dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning
terintegrasi Keterampilan Generik Sains pada materi Kesetimbangan Kimia.
Penelitian ini menggunakan desain Paradigma Ganda yang dilaksakanakan di SMA
Negeri 10 Medan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta
didik kelas XI IPA SMA Negeri 10 Medan yang terdiri dari empat kelas. Sampel
yang diambil dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sebanyak
satu kelas yaitu kelas XI IPA 2 yang diajarkan dengan model pembelajarn Project
Based Learning terintegrasi Keterampilan Generik Sains dengan menggunakan
perangkat pembelajaran yang terdiri dari Evaluasi Pengetahuan Awal, Bahan Ajar,
Lembar Kerja Peserta Didik dan Evaluasi Hasil Belajar. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah instrumen tes evaluasi pengetahuan awal, Instrumen tes
evaluasi hasil belajar, lembar kerja peserta didik dan instrumen non tes yang
digunakan adalah lembar observasi peserta didik. Data dianalisis dengan
menggunakan uji regresi linear ganda dan uji Independent Sample T-Test. Hasil
analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan
antara evaluasi pengetahuan awal dan lembar kerja peserta didik terhadap hasil
belajar dan ada perbedaan antara peserta didik yang pengetahuan awal tinggi dengan
peserta didik yang pengetahuan awal rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Project Based Learning, Keterampilan Generik Sains, Kesetimbangan Kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:13 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59128 |