IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Tarigan, Marsella Terenzi (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131014_Cover.pdf] Text
4203131014_Cover.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of 4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of 4203131014_Abstrak.pdf] Text
4203131014_Abstrak.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 4203131014_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131014_Kata_Pengantar.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4203131014_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131014_Daftar_Isi.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 4203131014_BAB_I.pdf] Text
4203131014_BAB_I.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 4203131014_BAB_V.pdf] Text
4203131014_BAB_V.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of 4203131014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (429kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh evaluasi pengetahuan
awal dan lembar kerja peserta didik terhadap hasil belajar dan untuk mengetahui
perbedaan hasil belajar antara pengetahuan awal yang tinggi dan pengetahuan awal
yang rendah dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning
terintegrasi Keterampilan Generik Sains pada materi Kesetimbangan Kimia.
Penelitian ini menggunakan desain Paradigma Ganda yang dilaksakanakan di SMA
Negeri 10 Medan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta
didik kelas XI IPA SMA Negeri 10 Medan yang terdiri dari empat kelas. Sampel
yang diambil dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sebanyak
satu kelas yaitu kelas XI IPA 2 yang diajarkan dengan model pembelajarn Project
Based Learning terintegrasi Keterampilan Generik Sains dengan menggunakan
perangkat pembelajaran yang terdiri dari Evaluasi Pengetahuan Awal, Bahan Ajar,
Lembar Kerja Peserta Didik dan Evaluasi Hasil Belajar. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah instrumen tes evaluasi pengetahuan awal, Instrumen tes
evaluasi hasil belajar, lembar kerja peserta didik dan instrumen non tes yang
digunakan adalah lembar observasi peserta didik. Data dianalisis dengan
menggunakan uji regresi linear ganda dan uji Independent Sample T-Test. Hasil
analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan
antara evaluasi pengetahuan awal dan lembar kerja peserta didik terhadap hasil
belajar dan ada perbedaan antara peserta didik yang pengetahuan awal tinggi dengan
peserta didik yang pengetahuan awal rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Project Based Learning, Keterampilan Generik Sains, Kesetimbangan Kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:13
Last Modified: 22 Jan 2025 07:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59128

Actions (login required)

View Item
View Item