IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Tarigan, Marsella Terenzi (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131058_Cover.pdf] Text
4203131058_Cover.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 4203131058_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131058_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of 4203131058_Abstrak.pdf] Text
4203131058_Abstrak.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of 4203131058_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131058_Kata_Pengantar.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 4203131058_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131058_Daftar_Isi.pdf

Download (577kB)
[thumbnail of 4203131058_BAB_I.pdf] Text
4203131058_BAB_I.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of 4203131058_BAB_V.pdf] Text
4203131058_BAB_V.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 4203131058_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131058_Daftar_Pustaka.pdf

Download (310kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh evaluasi pengetahuan awal dan lembar kerja peserta didik terhadap hasil belajar dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara pengetahuan awal yang tinggi dan pengetahuan awal yang rendah dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning terintegrasi Keterampilan Generik Sains pada materi Kesetimbangan Kimia. Penelitian ini menggunakan desain Paradigma Ganda yang dilaksakanakan di SMA Negeri 10 Medan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 10 Medan yang terdiri dari empat kelas. Sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sebanyak satu kelas yaitu kelas XI IPA 2 yang diajarkan dengan model pembelajarn Project Based Learning terintegrasi Keterampilan Generik Sains dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang terdiri dari Evaluasi Pengetahuan Awal, Bahan Ajar, Lembar Kerja Peserta Didik dan Evaluasi Hasil Belajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes evaluasi pengetahuan awal, Instrumen tes evaluasi hasil belajar, lembar kerja peserta didik dan instrumen non tes yang digunakan adalah lembar observasi peserta didik. Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi linear ganda dan uji Independent Sample T-Test. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara evaluasi pengetahuan awal dan lembar kerja peserta didik terhadap hasil belajar dan ada perbedaan antara peserta didik yang pengetahuan awal tinggi dengan peserta didik yang pengetahuan awal rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.392 Tar i
Keywords: Project based learning; Keterampilan generik sains; Kesetimbangan kimia; Lembar kerja peserta didik; Bahan ajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:13
Last Modified: 16 Apr 2025 08:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59128

Actions (login required)

View Item
View Item