PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

Rangkuti, Maisyaroh (2024) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201131012_Cover.pdf] Text
4201131012_Cover.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 4201131012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201131012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of 4201131012_Abstrak.pdf] Text
4201131012_Abstrak.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 4201131012_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201131012_Kata_Pengantar.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of 4201131012_Daftar_Isi.pdf] Text
4201131012_Daftar_Isi.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 4201131012_BAB_I.pdf] Text
4201131012_BAB_I.pdf

Download (588kB)
[thumbnail of 4201131012_BAB_V.pdf] Text
4201131012_BAB_V.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 4201131012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201131012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (410kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi pengajaran dengan menggunakan model problem based learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi pengajaran dengan menggunakan model discovery learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis serta mengetahui hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model problem based learning lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model discovery learning di kelas XI MAN 1 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini mengambil sampel yang terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen I pada kelas XI MIPA 1 dan kelompok eksperimen II pada kelas XI MIPA 2. Penelitian telah dilakukan tiga kegiatan yaitu memberikan pretest, pemeberian perlakuan dengan model problem based learning untuk kelas eksperimen I dan model discovery learning untuk kelas eksperimen II, posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan uji normalits, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Setelah dilakukan uji prasyarat bahwa kedua eksperimen datanya tidak berdistribusi normal, untuk uji homogen pada eksperimen I tidak homogen dan pada eksperimen II homogen, maka untuk uji hopitesis I dan II digunakan uji wilcoxon dan untuk uji hipotesis III digunakan uji mann-whitney maka diperoleh hasil datanya untuk hipotesis I nilai Sig. < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, uji hipotesis II nilai Sig. < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, dan untuk uji hipotesis III nilai Sig. < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak dengan nilai pada eksperimen I yaitu 41,93 dan nilai pada eksperimen II yaitu 29,07. Dapat diambil kesimpulan bahwa adanya perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah diberikan pengajaran model problem based learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis. Dan adanya perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah diberikan pengajaran model discovery learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis. Serta hasil belajar dengan menggunakan model problem based learning lebih tinggi dibandingankan dengan menggunakan model discovery learning materi laju reaksi di kelas XI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.394 Ran p
Keywords: Problem based learning; Discovery learning; Hasil belajar; Berpikir kritis; Laju reaksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Jan 2025 06:41
Last Modified: 16 Apr 2025 08:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59123

Actions (login required)

View Item
View Item