Rangkuti, Maisyaroh (2024) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203131014_Cover.pdf
Download (17kB)
4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (486kB)
4203131014_Abstrak.pdf
Download (192kB)
4203131014_Kata_Pengantar.pdf
Download (214kB)
4203131014_Daftar_Isi.pdf
Download (201kB)
4203131014_BAB_I.pdf
Download (349kB)
4203131014_BAB_V.pdf
Download (9kB)
4203131014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (429kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan
sesudah diberi pengajaran dengan menggunakan model problem based learning ditinjau
dari kemampuan berpikir kritis dan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum
dan sesudah diberi pengajaran dengan menggunakan model discovery learning ditinjau
dari kemampuan berpikir kritis serta mengetahui hasil belajar siswa yang dibelajarkan
dengan menggunakan model problem based learning lebih tinggi dibandingkan hasil
belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model discovery learning di kelas
XI MAN 1 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel
dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini mengambil
sampel yang terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen I pada kelas XI
MIPA 1 dan kelompok eksperimen II pada kelas XI MIPA 2. Penelitian telah dilakukan
tiga kegiatan yaitu memberikan pretest, pemeberian perlakuan dengan model problem
based learning untuk kelas eksperimen I dan model discovery learning untuk kelas
eksperimen II, posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan uji normalits, uji
homogenitas, dan uji hipotesis. Setelah dilakukan uji prasyarat bahwa kedua eksperimen
datanya tidak berdistribusi normal, untuk uji homogen pada eksperimen I tidak
homogen dan pada eksperimen II homogen, maka untuk uji hopitesis I dan II digunakan
uji wilcoxon dan untuk uji hipotesis III digunakan uji mann-whitney maka diperoleh
hasil datanya untuk hipotesis I nilai Sig. < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, uji
hipotesis II nilai Sig. < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, dan untuk uji hipotesis
III nilai Sig. < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak dengan nilai pada eksperimen I
yaitu 41,93 dan nilai pada eksperimen II yaitu 29,07. Dapat diambil kesimpulan bahwa
adanya perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah diberikan pengajaran model
problem based learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis. Dan adanya perbedaan
hasil belajar sebelum dan sesudah diberikan pengajaran model discovery learning
ditinjau dari kemampuan berpikir kritis. Serta hasil belajar dengan menggunakan model
problem based learning lebih tinggi dibandingankan dengan menggunakan model
discovery learning materi laju reaksi di kelas XI.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, Discovery Learning, Hasil Belajar, dan Kemampuan Berpikir Kritis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 06:41 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 06:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59123 |