PERBEDAAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI DAN POWERPOINT PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Hutasoit, Ester E.L (2024) PERBEDAAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI DAN POWERPOINT PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203331021_Cover.pdf] Text
4203331021_Cover.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of 4203331021_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203331021_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 4203331021_Abstrak.pdf] Text
4203331021_Abstrak.pdf

Download (533kB)
[thumbnail of 4203331021_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203331021_Kata_Pengantar.pdf

Download (546kB)
[thumbnail of 4203331021_Daftar_Isi.pdf] Text
4203331021_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4203331021_BAB_I.pdf] Text
4203331021_BAB_I.pdf

Download (588kB)
[thumbnail of 4203331021_BAB_V.pdf] Text
4203331021_BAB_V.pdf

Download (523kB)
[thumbnail of 4203331021_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203331021_Daftar_Pustaka.pdf

Download (621kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan minat dan hasil belajar siswa dan menentukan hubungan minat belajar terhadap hasil belajar siswa. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA di SMAN 8 Medan sebanyak dua kelas yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen I dan XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen II. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang dikumpulkan melalui nilai posttest siswa untuk mengukur hasil belajar siswa dan lembar angket minat belajar siswa untuk mengukur minat siswa selama proses pembelajaran. Soal- soal yang digunakan pada penelitian ini sudah dianalisis menggunakan Microsoft excel. Sedangkan, data hasil belajar dan minat siswa diolah menggunakan spss yaitu dengan uji t dua pihak. Namun, sebelum melakukan uji hipotesis tersebut, dilakukan uji prasyarat yaitu uji homogenitas dan normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan minat dan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen I yang dibelajarkan dengan menggunakan model PBL berbantuan media video animasi dibandingkan dengan kelas eksperimen II yang diajarkan dengan dengan menggunakan model PBL berbantuan media powerpoint. Hal ini bisa diberikan bukti mengacu pada nilai rerata hasil belajar siswa kelas eksperimen I lebih tinggi daripada kelas eksperimen II. Begitupun dengan minat belajar siswa kelas eksperimen I lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen II. Dari hasil uji hipotesis, dengan menggunakan uji t dua pihak (independent sampel t test) diperoleh harga Sig. = 0,003 dimana nilai Sig. < α (0,05), maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa Ha diterima. Hasil minat belajar ssiwa dengan menggunakan uji t dua pihak (independent sampel t test) diperoleh harga Sig. = 0,000 dimana nilai Sig. < α (0,05), maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa Ha diterima. Hubungan antara minat belajar siswa dengan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa untuk kelas eksperimen I diperoleh korelasinya sebesar 0,757 (korelasi tinggi). Sedangkan, untuk kelas eksperimen II diperoleh korelasinya sebesar 0,869 (korelasi tinggi).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.34 Hut p
Keywords: Minat belajar; Hasil belajar; Problem based learning; Video animasi; Powerpoint; Larutan penyangga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Jan 2025 04:27
Last Modified: 16 Apr 2025 04:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59115

Actions (login required)

View Item
View Item