Telaumbanua, Debi M N (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203131004_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131004_Cover.pdf
Download (50kB)
![[thumbnail of 4203131004_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (595kB)
![[thumbnail of 4203131004_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131004_Abstrak.pdf
Download (162kB)
![[thumbnail of 4203131004_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131004_Kata_Pengantar.pdf
Download (66kB)
![[thumbnail of 4203131004_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131004_Daftar_Isi.pdf
Download (152kB)
![[thumbnail of 4203131004_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131004_BAB_I.pdf
Download (162kB)
![[thumbnail of 4203131004_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131004_BAB_V.pdf
Download (63kB)
![[thumbnail of 4203131004_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (211kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan nilai keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran dan aktivitas belajar siswa yang bervariasi dengan bantuan media Macromedia Flash pada materi ikatan kimia, serta melihat interaksi antara model pembelajaran dengan aktivitas belajar siswa terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah sepuluh kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas diambil dengan cara Purposive Sampling. Kelas eksperimen I (X-6) diterapkan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas eksperimen II (X-10) diterapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar sebanyak 20 soal pilihan berganda dan instrumen non tes berupa lembar observasi aktivitas dan keterampilan kolaborasi siswa. Uji hipotesis dilakukan dengan ANOVA dua jalur (ANOVA two way) with General Linear Model (GLM) multivariate dengan hasil penelitian diperoleh harga sig. 0,000 untuk nilai keterampilan kolaborasi dan harga sig. 0,001 untuk hasil belajar. Nilai kedua sig. < � (0,05) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata nilai keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran yang bervariasi. Lalu diperoleh nilai sig. 0,000 pada keterampilan kolaborasi dan hasil belajar. Dimana nilai kedua sig. < � (0,05) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata nilai keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa dengan aktivitas belajar yang bervariasi. Selanjutnya pada interaksi antara model pembelajaran dengan aktivitas belajar diperoleh harga sig. 0,045 untuk keterampilan kolaborasi dan sig. 0,014 untuk hasil belajar. Dari kedua nilai sig. < � (0,05) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, terdapat interaksi model pembelajaran dengan aktivitas belajar siswa terhadap nilai keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa pada materi Ikatan Kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.224 Tel p |
Keywords: | Discovery learning; Inkuiri terbimbing; Aktivitas belajar; Macromedia flash; Keterampilan kolaborasi; Hasil belajar; Ikatan kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 02:53 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 05:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59103 |