PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS CHEMO-EDUTAINMENT PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR

Sipayung, Dahniar Natalia (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS CHEMO-EDUTAINMENT PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131030_Cover.pdf] Text
4203131030_Cover.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 4203131030_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131030_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 4203131030_Abstrak.pdf] Text
4203131030_Abstrak.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 4203131030_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131030_Kata_Pengantar.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 4203131030_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131030_Daftar_Isi.pdf

Download (545kB)
[thumbnail of 4203131030_BAB_I.pdf] Text
4203131030_BAB_I.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 4203131030_BAB_V.pdf] Text
4203131030_BAB_V.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 4203131030_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131030_Daftar_Pustaka.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan e-modul pembelajaran berbasis chemo-edutainment yang telah dikembangkan sesuai dengan standar BSNP yaitu kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa dan kelayakan kegrafikan; (2) praktikalitas e-modul pembelajaran berbasis chemo-edutainment pada pokok bahasan Sistem Periodik Unsur yang telah dikembangkan melalui respon guru kimia dan peserta didik. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop and disseminate) dibatasi sampai tahap develop. Tahap awal yang dilakukan yaitu menganalisis kebutuhan awal dengan cara melakukan wawancara kepada guru kimia kelas X dan menyebarkan angket kebutuhan bahan ajar kepada peserta didik, menganalisis Alur Tujuan Pembelajaran, dan menganalisis bahan ajar serta materi sistem periodik unsur. Kemudian dilakukan perancangan dan pembuatan e-modul pembelajaran berbasis chemo-edutainment pada pokok bahasan sistem periodik unsur. Selanjutnya produk akhir berupa e-modul dalam bentuk flipbook berbantuan Flip PDF Professional dilakukan uji validasi kelayakannya oleh 6 validator diantaranya 4 dosen kimia Universitas Negeri Medan dan 2 Guru Kimia SMA N 1 Percut Sei Tuan. Setelah diperoleh penilaian dan dilaukan tahap revisi sesuai saran validator selanjutnya dilakukan uji praktikalitas oleh 2 guru kimia dan 31 peserta didik. Hasil persentase kelayakan e-modul yang diperoleh pada penelitian ini pada aspek kelayakan isi sebesar 93%, kelayakan penyajian sebesar 95%, kelayakan bahasa sebesar 95%, dan kelayakan kegrafikan sebesar 84% keempat aspek ini mencapai kriteria “sangat layak”. Hasil uji praktikalitas yang melalui respon guru kimia mendapatkan hasil sebesar 97% dengan kriteria “sangat praktis” dan respon peserta didik mendapatkan hasil sebesar 97% dengan kriteria “sangat praktis”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 546.8 Sip p
Keywords: E-modul; Chemo-edutainment; Sistem periodik unsur
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Jan 2025 08:55
Last Modified: 14 Apr 2025 04:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59100

Actions (login required)

View Item
View Item