PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN LARUTAN NONELEKTROLIT KELAS X SMA NEGERI 9 MEDAN

Simbolon, Agnes Astria (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN LARUTAN NONELEKTROLIT KELAS X SMA NEGERI 9 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203331009_Cover.pdf] Text
4203331009_Cover.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of 4203331009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203331009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 4203331009_Abstrak.pdf] Text
4203331009_Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4203331009_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203331009_Kata_Pengantar.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 4203331009_Daftar_Isi.pdf] Text
4203331009_Daftar_Isi.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 4203331009_BAB_I.pdf] Text
4203331009_BAB_I.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 4203331009_BAB_V.pdf] Text
4203331009_BAB_V.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 4203331009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203331009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (138kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan Model Project Based Learning dan Problem Based Learning dengan minat belajar tinggi dan rendah berbantuan media powerpoint pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit, serta melihat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMAN 9 Medan. Sampel diambil secara purposif sampling sebanyak 2 kelas dengan total keseluruhan sampel sebanyak 40 siswa. Uji hipotesis dilakukan dengan ANNAVA dua jalur dengan General Linear Model (GLM) univariate. Untuk model Project Based Learning dan Problem Based Learning harga �ℎ��� > ���� 4,60 < 4,11 yang artinya Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan rata-rata hasil belajar siswa yang diberi model Project Based Learning dengan Problem Based Learning pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Pada minat belajar yang tinggi dan rendah diperoleh �ℎ��� 4,80 < ���� 4,11 yang artinya Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan rata-rata hasil belajar siswa pada minat belajar tinggi dan minat belajar rendah pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Selanjutnya untuk interaksi antara media dengan minat belajar diperoleh �ℎ��� 5,07 < ���� 4,11 yang artinya Ha diterima, maka dapat disumpulkan bahwa ada interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 543.407 12 Sim p
Keywords: Project based learning; Minat belajar; Hasil belajar; Larutan elektrolit; Nonelektrolit
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Jan 2025 07:09
Last Modified: 09 Apr 2025 05:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59086

Actions (login required)

View Item
View Item