Simbolon:, Rikardo (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT PENGGUNAAN DAN PEMELIHARAAN ALAT UKUR PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 BALIGE TOBA SAMOSIR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5103122033 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
3. NIM 5103122033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4.NIM 5103122033 FOREFACE.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. NIM 5103122033 TABEL OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM 5103122033 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 5103122033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8.NIM 5103122033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 5103122033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
13.NIM 5103122033 CHAPTER V.docx.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14.NIM 5103122033 BIBLIOGRAPY.docx.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat penggunaan dan pemeliharaan alat ukur dan mengetahui sejauh mana peningkatan kemampuan siswa dengan menggunakan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation pada materi fungsi alat ukur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Balige sebanyak 30 orang. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan media menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation pada materi penggunaan dan pemeliharaan sistem alat ukur. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 20 siswa (66,7%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 10 siswa (33,3%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas 72,2 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 66,7%. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar siklus II diperoleh 26 siswa (86,7%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 4 siswa (13,3%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 78,2 dengan tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 86,7%. Jika dibandingkan data dari siklus I dan siklus II maka diperoleh nilai rata-rata pada 20 siswa disiklus I bertambah sebanyak 6 siswa disiklus II menjadi 26 siswa, sedangkan siswa yang tidak tuntas dalam belajar berkurang dari 10 siswa yang tidak tuntas disiklus I menjadi 4 siswa di siklus II. Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa dan mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan pada materi penggunaan dan pemeliharaan alat ukur
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 049 |
Keywords: | Hasil Belajar; Alat Ukur; Model Kooperatif tipe Group Investigation. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jun 2016 02:03 |
Last Modified: | 21 Jun 2016 02:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5907 |