PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SUNGGAL

Dewi, Melia Ariani (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SUNGGAL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4183111004_Cover.pdf] Text
4183111004_Cover.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 4183111004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183111004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (771kB)
[thumbnail of 4183111004_Abstrak.pdf] Text
4183111004_Abstrak.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 4183111004_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183111004_Kata_Pengantar.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of 4183111004_Daftar_Isi.pdf] Text
4183111004_Daftar_Isi.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of 4183111004_BAB_I.pdf] Text
4183111004_BAB_I.pdf

Download (831kB)
[thumbnail of 4183111004_BAB_V.pdf] Text
4183111004_BAB_V.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of 4183111004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183111004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (321kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi geogebra dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sunggal; (2) mendeskripsikan proses penyelesaian jawaban siswa yang berkaitan dengan penalaran matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi geogebra. Penelitian ini merupakan Penelitian Tidakan Kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sunggal yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini terdiri atas dua siklus dimana pada akhir tiap siklus diberikan tes penalaran matematis untuk mengukur tingkat kemampuan penalaran matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penalaran matematis siswa dapat meningkat setelah dilakukan pembelajaran dengan menerapkan model problem based learning berbantuan aplikasi geogebra dimana rata-rata nilai siswa pada tes kemampuan penalaran siklus I sebesar 65,85 meningkat menjadi 85,39 pada siklus II dan ketuntasan klasikal pada tes kemampuan penalaran siklus I sebanyak 16 siswa (57,14%) meningkat menjadi 26 siswa (87,88%) pada siklus II; (2) proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan penalaran matematis berkategori baik, hal ini dapat dilihat dari jawaban siswa yang sudah dapat memenuhi indikator kemampuan penalaran matematis. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan aplikasi Geogebra dapat meningkat kemampuan penalaran matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.785 Dew p
Keywords: Penalaran matematis; Problem based learning; Geogebra
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Jan 2025 07:43
Last Modified: 24 Jan 2025 04:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59067

Actions (login required)

View Item
View Item