PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KELAS XI SMA NEGERI 1 BATANG KUIS

Indriati, Nina Murni (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KELAS XI SMA NEGERI 1 BATANG KUIS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111044_Cover.pdf] Text
4193111044_Cover.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 4193111044_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111044_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (829kB)
[thumbnail of 4193111044_Abstrak.pdf] Text
4193111044_Abstrak.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 4193111044_Abstrak.pdf] Text
4193111044_Abstrak.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 4193111044_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111044_Kata_Pengantar.pdf

Download (919kB)
[thumbnail of 4193111044_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111044_Daftar_Isi.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 4193111044_BAB_I.pdf] Text
4193111044_BAB_I.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of 4193111044_BAB_V.pdf] Text
4193111044_BAB_V.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 4193111044_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111044_Daftar_Pustaka.pdf

Download (271kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan LKPD berbasis guide discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik berbantuan geogebra yang valid, praktis, dan efektif. Adapun penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and development (R&D) beserta model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek pada penelitian ini yakni peserta didik kelas XI-MIA 1 SMA Negeri 1 Batang Kuis sejumlah 35 orang.
Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa LKPD berkategori valid dilihat dari hasil validasi ahli terhadap LKPD mencapai persentase 79% kategori valid, RPP mencapai persentase 81% kategori valid, validasi pre test dan post test dengan persentase 88% dan 91% tergolong sangat valid. LKPD dinyatakan praktis didapatkan dari penilaian guru matematika dan peserta didik yang diamati melalui angket respons dengan persentase 90% dan 84% tergolong sangat praktis. Hasil tersebut menunjukkan respons positif guru dan peserta didik terhadap LKPD yang digunakan. Kefektifan LKPD diamati dari ketuntasan klasikal peserta didik melalui pre test dan post test peserta didik. Didapatkan 30 orang peserta didik yang tuntas dan memenuhi standar kulminasi klasikal dengan persentase 86% serta peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang diukur berdasarkan kalkulasi N-Gain yang didapatkan yaitu dengan nilai 0,63 tergolong sedang. Sehingga LKPD dapat dipercaya efektif untuk lebih meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Diperoleh suatu simpulan bahwasanya pengembangan LKPD berbasis Guided Discovery Learning berbantuan geogebra ini memenuhi semua parameter dalam hal peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, Discovery, Masalah, Geogebra, N-Gain
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Jan 2025 07:35
Last Modified: 20 Jan 2025 07:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59066

Actions (login required)

View Item
View Item